Jember Segera Ujicoba Pembelajaran Tatap Muka

Bupati dan Wakil Bupati Jember saat di gedung DPRD Jember/Ist
Bupati dan Wakil Bupati Jember saat di gedung DPRD Jember/Ist

Ratusan sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Jember, menyatakan kesiapannya untuk menggelar pembelajaran tatap muka. Namun pelaksanaan pembelajaran tersebut, harus menunggu persetujuan dari Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Jember. 


Menurut Bupati Jember, Hendy Siswanto, sedikitnya ada 150 sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan yang sudah siap. Karena masih tatap ujicoba, Pemkab Jember masih akan menerapkan beberapa sekolah sebagai sampel.

"Mungkin hanya sekitar 25 sekolah saja yang akan dipilih untuk dijadikan percontohan," ujar Hendy usai rapat paripurna di DPRD Jember dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Senin (5/4).

Hendy menjelaskan pihaknya masih akan mendiskusikan untuk mematangkan persiapan pembelajaran tatap muka itu dengan Tim Gugus Tugas Covid-19. Sebab, penerapan pembelajaran tatap muka harus melalui izin dari Tim Gugus Tugas Covid-19.

"Karena ini menyangkut keselamatan para pelajar di Jember," tegas Hendy.

Selain itu, lanjut Hendy, diperlukan kerjasama secara menyeluruh karena berkaitan dengan jumlah personil yang akan melakukan pengamanan dan pengawasan.

Model penerapan pembelajaran tatap muka harus memperhatikan Protokol kesehatan (Prokes) pencegahan Covid 19. Penerapannya dilakukan secara bertahap dan bergantian. Sehingga bisa diatur jarak antara siswa. 

“Kalau satu kelas 40 siswa, bisa 20 siswa dulu yang masuk. Sedangkan pelajar yang lain, bisa tetap mengikuti pembelajaran secara daring," tambahnya.

Hendy juga menegaskan, jika Tim Gugus Tugas Covid-19 sudah sepakat semua untuk digelar pembelajaran tatap muka, maka akan diterapkan pada daerah yang sudah zona hijau dulu.

Sesuai peta sebaran Covid-19 Jember, yang dirilis Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Jember, hingga Minggu (4/4), sudah ada tiga kecamatan di Kabupaten Jember yang sudah memasuki zona hijau. Ketiganya adalah kecamatan Jombang, Ledokombo dan Jenggawah.