19 Orang Pejabat Eselon II Pemkab Gresik Jalani Uji Kompetensi

Suasana uji kompetensi
Suasana uji kompetensi

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik mengelar uji kompetensi, terhadap 19 pejabat pimpinan tinggi pratama setingkat eselon II. 


Aminatun Habibah, Wakil Bupati (Wakil) Gresik, mengatakan hasil dari uji kompetensi nantinya untuk penempatan pejabat sesuai hasil kompetensi.

"Uji Kompetensi ini suatu hal biasa bagi ASN yang sesuai perundangan dilakukan secara berkala. Jadi anda juga harus menghadapi dengan serius tapi santai, semangat dan tetap focus,” kata Bu Min sapaan Wabup Gresik dikutip Kantor Berita RMOLJatim saat membuka kegiatan, Kamis (8/4).

Senada juga disampaikan Sekda Gresik Gresik, Abimanyu Poncoatmojo Iswinarno, bahwa uji kompetensi ini sesuatu yang rutin bagi ASN pejabat pimpinan tinggi pratama.

"Sesuai perundangan kegiatan ini, dilakukan setiap 2 tahun sekali. Hal ini juga berlaku untuk pejabat administrator dan pengawas, sifatnya fleksibel," tuturnya.

"Untuk uji kompetensi kali ini, kami prioritaskan untuk para pejabat eselon II yang usianya dibawah 59 tahun yang jumlahnya ada 19 orang pejabat," lanjutnya.

“Kami menggandeng PT Binaman Utama Jakarta dalam uji kompetensi, yang hasil assessment ini bisa dipakai untuk apa saja. Misalnya, mutasi, rotasi, pengisian jabatan yang kosong. Sifatnya untuk merefresh dan mereview pada masing-masing pejabat,” imbaunya.

Alasan dipilihnya PT Binaman Utama, lanjut Abimanyu sebagai lembaga uji kompetensi. Karena, telah sukses menguji para pejabat di Kementerian dan beberapa lembaga negara nasional lainnya.

"Ada 19 Pejabat pimpinan Tinggi Pratama, yang mengikuti uji kompetensi kali ini adalah, Abu Hassan, Achmad Washil Miftahul Rahman, Agustin Halomoan Sinaga, Budi Raharjo, Choirul Anam, Darmawan, Eddy Hadisiswoyo, Eko Anindito Putro, Ida Lailatussa’diyah, Khusaini, Malahatul Fardah, Mokhammad Najikh, Nanang Setiawan, Ninik Asrukin, Nuri Mardiana, Saifudin Ghozali, Siti Jaiyaroh, Sutaji Rudy, Tarso Sugito," tutupnya.