Langkah Nabasa Institute Bangkitkan Ekonomi Kreatif Seniman

Nabasa Institute menggelar pameran seni lukis dengan tema “Nabasa Institute Exhibition”/RMOLJatim
Nabasa Institute menggelar pameran seni lukis dengan tema “Nabasa Institute Exhibition”/RMOLJatim

Nabasa Institute menggelar pameran seni lukis dengan tema “Nabasa Institute Exhibition” di Varna Culture Jalan Tunjungan 51 Surabaya. Ini merupakan langkah Nabasa Institute membangkitan ekonomi kreatif seniman.


"Pameran seni Nabasa Institute Exhibition selain bertujuan menyambut bulan suci Ramadhan, juga mebangkitkan kembali sektor ekonomi kreatif khususnya bidang seni dan budaya akibat pandemi Covid-19," kata Direktur Nabasa Institute, Drs Romadlon Sukardi, MM kepada Kantor Berita RMOLJatim, Kamis (8/8).

Kami, sambung Romadlon,  ingin mengajak seniman untuk bersama-sama berbahagia dalam menyambut bulan suci Ramadhan ini dengan menggelar kegiatan pemeran karya seni, agar mereka juga bisa hidup ekonominya masa pandemi Covid-19 ini.

Pemeran Nabasa Institute exhibition bekerja sama dengan Varna Culture Hotel, Surabaya dan Fitriart menyelenggarakan  selama satu bulan di lobby hotel dari tanggal 8 April hingga 8 Mei 2021,

Pameran tersebut akan diikuti 21 peserta dari Jawa - Bali (Surabaya, Sidoarjo, Lamongan, Kediri, Tulungagung, Purwokerto, Jogya, Bali).

Romadhon Sukardi menjelaskan bahwa pameran tersebut juga bagian dari semangat ketelatenan, kesabaran, kekuatan serta ketegaran yang mengilhami para seniman untuk tetap berkarya walaupun dalam masa pandemi Covid-19.

"Yang sekarang terjadi seniman-seniman Jawa Timur tetap semangat dan tak pernah berhenti berkarya, ini bagian dari peran Nabasa dalam membangkitkan sektor ekonomi kreatif,” tambahnya.

Pameran seni lukis di gelar setiap hari. Tapi, setiap hari Sabtu-Minggu ada gelar OTS (On The Spot) gelar langsung kebolehan dari para seniman lukis yang berlokasi di trotoar Jl. Tunjungan sekitar Varna Culture Hotel Surabaya. 

Sungguh sangat istimewa. Bahwa, pameran lukisan ini juga sekaligus dalam rangka menyambut Hari Kartini dan Hari Pendidikan Nasional. 

“Dalam momen ini kita ingin menjaga harmoni sosial dan alam dengan melestarikan kebudayaan serta lingkungan hidup adalah hal penting. Hal tersebut bisa dituangkan meningkatkan kreatifitas seniman lukis,” ujarnya.

Dikatakan lebih lanjut, tempat acara sengaja di Varna Culture Hotel, karena area Jalan Tunjungan saat ini adalah salah satu destinasi wisata Kota Surabaya.

"Dengan menampilkan gedung-gedung bersejarah, saya kira sangat pas dengan rasa seni,” pungkasnya.