Jenderal Listyo Sigit Prabowo Mundur Dari PBSI

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo/Net
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo/Net

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi mengajukan surat pengunduran diri sebagai Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI). 


Surat tersebut telah diterima Ketua Umum PBSI, Agung Firman Sampurna sehari sebelum pelantikan Pengurus Pusat PBSI Masa Bakti 2020-2024 yang digelar hari ini.

"Saya sudah menerima surat pengunduran diri Jenderal Listyo sebagai Sekretaris Jenderal PP PBSI tahun 2020-2024 kemarin," kata Agung di Hotel Swissotel Jakarta PIK Avenue, Jumat (9/4).

Selain mengajukan pengunduran diri, Listyo Sigit juga menyampaikan sejumlah nama untuk diusulkan menjadi penggantinya di PBSI.

"Dalam waktu dekat kami tim formatur akan segera membuat keputusan dari nama-nama tersebut. Salah satu nama yang terkuat adalah Inspektur Jendral (Irjen) Polisi Mohammad Fadil Imran," jelas Agung.

Keputusan Listyo Sigit untuk mundur dari kepengurusan PBSI 2020-2024 karena Kapolri ini juga terpilih menjadi Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI).

Dalam AD/ART PBSI pasal 14 ayat 2 butir g menyebutkan, semua jabatan di Pengurus Pusat/Pengurus Provinsi/Pengurus Kabupaten/Kota tidak boleh rangkap jabatan di semua tingkatan cabang olahraga lain selain cabang olahraga bulutangkis.

"Kami menganggap keterpilihan beliau adalah sesuatu yang positif agar pembinaan cabang-cabang olahraga itu mendapatkan dukungan yang memadai dari berbagai pejabat publik di Indonesia. Oleh karena itu kami mendukung keputusan beliau untuk menjadi Ketua Umum PB ISSI," tutup Agung dilansir Kantor Berita Politik RMOL.