Diantara Banyak OPD, Kinerja Dinas Kesehatan Jawa Timur Paling Disukai Generasi Milenial

Ilustrasi / RMOL
Ilustrasi / RMOL

Dari banyak dinas atau OPD di jajaran Pemprov Jatim, beberapa diantaranya berhasil memuaskan kalangan millennials melalui kinerja yang dilakukan. Hal itu terungkap melalui hasil riset yang dilakukan oleh Surabaya Survey Center (SSC).


“Di top 5, ada Dinas Kesehatan yang kinerjanya dinilai memuaskan oleh 43 responden kemudian Dinas Sosial oleh 46.3 persen. Ada pula Dinas Pendidikan yang dinilai memuaskan oleh 40 persen responden, lalu Dinas Perhubungan oleh 34.8 persen, dan Dinas Kominfo oleh 35 persen responden,” papar peneliti senior SSC Ikhsan Rosidi, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Rabu, (13/4).

Hasil riset yang mereka dapatkan, menurut Ikhsan bisa didapatkan karena beberapa hal. 

“Jadi bukan berarti mereka yang kinerjanya tidak masuk top 5 itu benar-benar tidak memuaskan,” katanya.

“Di top 5 tadi, dinas-dinas yang masuk di list itu adalah dinas atau OPD yang selama ini bersentuhan dengan masyarakat langsung. Sehingga, plus minus dari kinerjanya akan bisa langsung dirasakan oleh masyarakat,” pungkas Ikhsan.

Sebagai informasi, hasil penelitian yang dilakukan oleh SSC ini dilaksanakan dari tanggal 5-25 Maret 2021 di 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur. 1070 responden dipilih dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 3 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. Penentuan responden dari kalangan millennials dalam setiap KK dilakukan dengan bantuan kish grid.