Bank Dunia dan IMF Tidak Ikhlas Sri Mulyani Diganti Dradjad Wibowo

Ketua Dewan Pakar Partai Amanat Nasional (PAN), Dradjad H Wibowo/Net
Ketua Dewan Pakar Partai Amanat Nasional (PAN), Dradjad H Wibowo/Net

Ada satu nama yang dianggap bisa menggantikan Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam jajaran Kabinet Indonesia Maju, yakni Dradjad Wibowo.


"Memang bisa saja Sri Mulyani digantikan oleh Dradjad Wibowo. Persoalannya, (apakah) Bank Dunia dan IMF ikhlas?" Ujar pengamat sosial politik, Muslim Arbi dilansir Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (16/4).

Akan tetapi, jika benar Ketua Dewan Pakar Partai Amanat Nasional (PAN) itu menjadi salah satu menteri di Kabinet Indonesia Maju, apalagi ada beberapa menteri yang juga dipilih dari PAN atau Muhammadiyah, maka Presiden Joko Widodo dianggap sudah melunak terhadap kekuatan oposisi Amien Rais.

"Kalau banyak menteri dari PAN dan Muhammadiyah yang duduk di Kabinet, apakah ini isyarat melunaknya Istana terhadap kekuatan oposisi Pak Amien Rais yang dikenal mantan pimpinan Muhammadiyah dan PAN?" pungkas Muslim. 

Isu reshuffle yang belakangan kembali menghangat dipicu oleh nomenklatur Presiden untuk meleburkan Kemenristek ke Kemendikbud dan melahirkan Kementerian Investasi.

Sejumlah nama yang potensial digusur pun mulai digadang-gadang publik. Di antaranya Mendikbud Nadiem Makarim, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, dan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi.