Pencurian Rumah Kosong Marak Terjadi di Kota Probolinggo

Salah satu rumah kosong yang dibobol maling/Ist
Salah satu rumah kosong yang dibobol maling/Ist

Di bulan Ramadan tindak pencurian di Kota Probolinggo mulai merajalela. Kini yang menjadi incaran para pencuri adalah rumah kosong, seperti yang terjadi di Perumahan Nadira Griya Asri yang berada di Jalan Himalaya IX B Kelurahan Triwung Lor, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo.


Warga di daerah tersebut mulai khawatir dengan adanya kejadian yang kerap kali terjadi di kawasan tersebut. Bahkan dalam sepekan ini dua rumah yang masih kondisi kosong dan tidak berpenghuni mulai diobok-obok pencuri.

Amir Hamzah salah satu tukang yang bekerja di rumah milik Ilham Prayogi tersebut merupakan korban dari aksi pencurian. Dia kehilangan sejumlah peralatan kerjanya mulai dari dua gerindo dan sejumlah peralatan lainnya dengan taksiran kerugian sekitar Rp 2,5 juta.

"Saya tahunya setelah mau kerja tadi pagi, kondisi rumah sudah mulai rusak yakni kaca depan pecah dan tembok belakang rumah bolong usai di bobol pencuri. Kejadiannya tadi malam sekitar waktu sahur," jelasnya seperti dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Jum'at (16/4/2021).

Amir mengaku memang sebelum rumah yang tengah dilakukan proses pembangunan tersebut masih belum selesai pengerjaannya. Bahkan mesin air di rumah ini juga hilang. 

Perumahan yang masih baru di bangun tersebut berada di lokasi yang berdekatan dengan area hamparan persawahan milik warga.  Bahkan Amir juga mengaku sebelum kejadian tersebut banyak rumah kosong yang ada di perumahan ini kerap kali dibobol maling. 

"Kejadian tersebut sering kali terjadi, dan yang menjadi incaran adalah rumah kosong," ungkapnya.

Tak hanya rumah milik Ilham yang menjadi incaran pencuri. Tetapi rumah disebelah kirinya juga dibobol pencuri.  

"Tadi itu yang diambil oleh pencuri sebuah gagang pintu dan peralatan tukang. Memang di dalam rumah belum ada perabut rumah tangga sama sekali. Jadi pencurinya mengambil barang seadanya," kata Jaelani salah satu pembantu tukang di Perumahan tersebut.