Sabet Penghargaan PDT I Tahun 2021, Bukti Program Surabaya Selaras dengan Pusat dan Pemprov Jatim

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mberikan penghargaan kepada Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi/ist
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mberikan penghargaan kepada Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi/ist

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya, Febrina Kusumawati mengatakan berterima kasih bila Kota Surabaya menerima penghargaan Pembangunan Daerah Terbaik (PDT) I, Provinsi Jawa Timur Tahun 2021.


Sebab Piagam penghargaan yang diserahterimakan langsung oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa kepada Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi itu merupakan sebuah proses perencanaan dan hasil dari sebuah perencanaan. 

Dia menyebut, dalam perencanaan, Pemkot Surabaya selalu menyelaraskan program pemerintah pusat yang diturunkan kepada pemprov yang dianut oleh pemkot.

"Sehingga kami (pemkot) tidak berjalan sendiri. Dari situ lah kita menjawab dengan kegiatan program dan hasilnya selaras dengan apa yang mau dituju oleh provinsi maupun nasional," kata Febri dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Jum'at (16/4).

Febri mencontohkan, seperti misalnya program pemulihan ekonomi. Dimana dalam program tersebut, Pemkot Surabaya melakukan pengembangan yang hasilnya menjawab dari problem itu. 

Alhasil, dari perencanaan yang dibuat, pemkot dua kali berturut-turut menyabet Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Jatim.

"Alhamdulillah tahun lalu kita juga menerima penghargaan yang sama. Intinya singkronisasi dan keselarasan program dengan pusat dan provinsi," pungkasnya.