Berikrar Dihadapan Bupati Probolinggo, 220 Cakades Janji Wujudkan Pilkades Damai

Bupati Probolinggo saat memberikan arahan secara Virtual pada Cakades /RMOLJatim
Bupati Probolinggo saat memberikan arahan secara Virtual pada Cakades /RMOLJatim

Sebanyak 220 orang calon peserta pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di 62 desa di Kabupaten Probolinggo, membacakan ikrar damai secara virtual di 21 kecamatan. Ikrar damai ini di saksikan langsung oleh Bupati Probolinggo, Puput Tantriana di Pendopo, Minggu (18/4).


Ikrar damai para calon kepala desa ini, harus menyetujui 5 poin yang diantaranya, siap mensukseskan pelaksanaan Pilkades scara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil damai serta bermartabat.

Selain itu, para Cakdes diajak untuk siap berkompetisi dengan Mlmenjunjung tinggi, sportifitas dengan mengedepankan sikap santun dan menghindari  unsur sara serta tunduk  terhadap peraturan perundang undangan yang berlaku.

Bahkan, para Cakades yang tidak terpilih harus siap menerima dan mendukung terhadap Cakades yang terpilih dan sah sesuai peraturan perundang undangan yang berlaku.

Jika terjadi sengketa pilkades siap menyelesaikan melalui musyawarah mufakat sesuai mekanisme yang ada  dalam peraturan perundang - undangan yang belaku.

Siap melaksanakan kewajiban  serta berperan aktif menjaga keamanan ketertiban dan kelancaran serta menegakkan protokol kesehatan dalam setiap tahapan pelaksanaan pemilihan kepala desa.

Sementara itu, Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari mengungkapkan, para calon kepala desa harus juga aktif menerapkan Protokol kesehatan.

"Karena, Pilkades di 62 desa ini dilakukan ditengah Pandemi Covid-19. Jadi para Calon Kepala Desa harus benar-benar mengingatkan pada timnya," tegasnya, dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Tantri juga berharap, Pilkades Gelombang Pertama ini akan dilakukan pada 2 mei 2021 atau Ahad Pon, sehingga bisa menghasilkan pemimpin yang dapat dipercaya oleh masyakarat.

"Dengan harapan menghadirkan pemimpin yang dapat dipercaya oleh masyarakat dan dapat membangun Desa masing-masing dengan menjadikan abdi Negara yang terbaik," pungkasnya.