Menkes Minta Kepala Daerah Prioritas Vaksinasi Untuk Lansia

Vaksin Sinovac/Net
Vaksin Sinovac/Net

Kepala daerah di Indonesia diminta memprioritaskan orang lanjut usia (lansia) untuk divaksinasi, menjelang Hari Raya Idul Fitri guna meningkatkan imun.


Hal tersebut disampaikan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin ketika menyambut kedatangan bulk vaksin Sinovac dari China sebanyak 6 juta bulk, di Bandara Soekarno-Hatta, Banten, Minggu (18/4).

“Penting juga diingat bahwa pada saat Ramadhan kemungkinan banyak keluarga yang ingin bertemu orangtuanya sangat tinggi jadi tolong dipastikan dalam sebulan ini prioritas diberikan vaksinasi kepada para lansia, sehingga kita para senior-senior kita ini bisa kalau nanti dikunjungi oleh keluarganya mereka sudah relatif imunitasnya lebih baik,” ujar Budi Gunadi, seperti dilaporkan Kantor Berita Politik RMOL Minggu (18/4).

Selain itu, Budi juga berpesan kepada seluruh kepala daerah untuk memperhatikan adanya kenaikan atau lonjakan kasus Covid-19 yang sangat tinggi di sejumlah negara.

Dia berharap jangan sampai program vaksinasi di Indonesia ini sia-sia lantaran pemerintah di daerah tidak mampu menekan kenaikan laju Covid-19 di daerahnya.

“Jangan sampai program vaksinasi ini membuat kita tidak waspada, jangan sampai program vaksinasi ini membuat kita tidak hati-hati. Karena lonjakan bisa terjadi lagi kalau usaha keras kita selama ini jadi sia-sia karena lonjakan terjadi karena kita lupa karena kita kurang waspada,” katanya.

"Sekali lagi tetap menjaga prokes mencuci tangan menjaga jarak dan terus kita vaksiansi terutama lansia kita,” tandasnya