Mbah Tarom Bantu Petani Madiun Kembangkan Varietas Baru Padi Nutrisi Tinggi

Mbah Tarom menyerahkan bantuan program kepada kelompok tani Lembah Agung/RMOLJatim
Mbah Tarom menyerahkan bantuan program kepada kelompok tani Lembah Agung/RMOLJatim

Kelompok Tani Lembah Agung desa Kebon Agung kecamatan Balerejo kabupaten Madiun mendapat bantuan demplot varietas padi beras merah dan varietas padi nutrisi tinggi untuk 10 hektar lahan sawah. Bantuan diserahkan langsung oleh anggota Komisi IV DPR RI, H Muhtarom, Jumat (30/4).


Bantuan tersebut diberikan secara berskala mulai dari tanam hingga pasca tanam, sehingga bantuan tersebut benar-benar membantu petani.

"Mengapa kita demplot kan disini karena butuh hamparan sekian hektar dan yang layak disini, mengenai kelompok kelembagaan nya jalan," jelas H Muhtarom kepada Kantor Berita RMOLJatim Jumat (30/4).

Pemilihan varietas padi merah dan padi nutrisi tinggi, lanjut pria yang akrab disapa Mbah Tarom ini, karena memiliki multi nutrisi untuk kesehatan khususnya obesitas hingga diabetes. Jadi dengan begitu beras merah bisa dijadikan untuk solusi dari gangguan kesehatan. Begitu juga padi nutrisi tinggi.

"Padi kan banyak ya varietasnya, kalau padi beras merah merah ini punya multi nutrisi untuk kesehatan khususnya obesitas hingga diabet sehingga dengan mencoba menanam padi jenis beras merah ini saya kira merupakan solusi bagi masyarakat," terangnya.

Mbah Tarom mengakui masih banyak petani yang kurang minat dari varietas ini karena dari segi rasa masih banyak yang belum suka serta kendala pemasaran,  namun kalau dari segi manfaatnya banyak sekali. Sehingga saat ini dia telah mendorong kementerian pertanian untuk varietas padi nutrisi tinggi sebagai mencegah stanting. Serta akan dipikirkan bersama terkait pasar untuk jenis varietas tersebut.

"Memang masih banyak petani yang belum minat mulai dari segi pemasaran dan rasa karena kalau kata orang jawa itu sepo ya gak ada rasanya namun dari segi manfaat banyak sekali. Maka dari itu Kami mencoba mendorong kementerian pertanian untuk mengembangkan varietas padi nutrisi tinggi dengan kegunaan sebagai pencegahan stanting," ujar mantan Bupati Madiun dua periode ini.

Sementara itu ketua kelompok tani Lembah Agung Budi Murtejo mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya terkait program bantuan yang dipercayakan kepada kelompoknya.

"Terimakasih mbah Tarom atas program yang dipercayakan kepada kami dan insyaallah amanah," tandasnya.

Sekedar diketahui, produksi varietas jenis padi beras merah dan nutrisi tinggi sama dengan jenis padi putih biasa. Dengan asumsi satu hektar bisa memproduksi hingga 6 sampai dengan 7 ton.