Menteri KKP Kunjungi Ponpes Langitan Tuban, Gus Ma’sum: Para Santri Siap Bantu Nelayan dan Petambak 

Kegiatan Safari Menteri KKP di Ponpes Langitan/RMOLJatim 
Kegiatan Safari Menteri KKP di Ponpes Langitan/RMOLJatim 

Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia, Sakti Wahyu Trenggono berkunjung ke Pondok Pesantren Langitan Widang, Tuban, Jawa Timur. 


Selepas dari Langitan, Menteri KKP bertolak ke Lamongan. Jadwal sasarannya di antaranya Pelabuhan Nusantara Brondong, Pesantren Sunan Drajat, dan pabrik garam di Pesantren Sunan Drajat Lamongan. 

Dalam lawatannya di Tuban Bumi Wali, Menteri KKP menyerahkan sejumlah bantuan kepada pengasuh pesantren Langitan.

Bantuan yang diserahkan dari Badan Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu berupa satu ton ikan bandeng. 

Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan membantu teripang 500 pack, teri super crispy 500 pack, abon ikan 500 pack, cumi crispi 500 pack, dan kripik ikan layur 500 pack.

Sebelum serah terima bantuan dari Kementerian KKP, digelar diskusi secara terbatas dengan tema pendidikan Gerakan Memasyarakat Makan Ikan (Gemarikan) kepada para santri di kediaman Gus Ma'sum, putra mendiang KH. Abdullah Faqih.

Gus Ma'sum mengaku merasa bersyukur dengan kedatangan Menteri KKP di Ponpes Langitan. 

Menurutnya, sinergi antara pemerintah, pesantren, dan ulama memang sudah terjalin lama.

"Semoga ke depannya bisa saling memberi input, karena santri di Langitan banyak yang dari pesisir Pantura. Dengan potensi yang besar itu kita bisa bersinergi untuk membantu para nelayan dan petambak," Gus Ma'sum kepada Kantor Berita RMOLJatim, Sabtu (1/5).

Gus Ma’sum berharap Menetri KKP bisa terus berkontribusi di sektor perikanan di Kabupaten Tuban. Mulai dari pemberian bantuan hingga pendampingan dan menciptakan lapangan pekerjaan.

Di Ponpes Langitan, lanjut Gus Ma’sum, lingkup basis ekonomi santri sudah tertata dan kedepannyanakan semakin baik. Mulai dari perdagangan, persawahan, perikanan, pertambakan dan lain sebagainya.

"Pondok Pesantren Langitan siap menjadi rujukan atau acuan. Ketika membutuhkan sesuatu silahkan silaturohmi ke Langitan," tuturnya.

Dalam kunjungan Menteri KKP, hadir pula Bupati Tuban, Fathul Huda, Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Tuban, Amenan dan tim Dinas Komunikasi dan Informatika Tuban.