Jokowi Kunjungi Pusat Pamasaran Ikan Dan Pabrik Pengelolaan Ikan Di Lamongan

Presiden Joko Widodo saat mengunjungi Pusat Pemasaran dan Distribusi Ikan di Lamongan/Ist
Presiden Joko Widodo saat mengunjungi Pusat Pemasaran dan Distribusi Ikan di Lamongan/Ist

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Lamongan untuk meninjau PPDI (Pusat Pemasaran dan Distribusi Ikan) di Kecamatan Brondong, Kamis (6/5).


Didampingi Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, Jokowi melihat secara langsung kegiatan nelayan di masa pandemi. 

“Intinya saya ingin melihat secara langsung keadaan dan situasi nelayan selama pandemi. Tadi sudah disampaikan juga bahwa kondisi nelayan di sini tidak ada masalah dan bisa melaut seperti biasanya, normal, dan hasilnya juga normal,” kata Jokowi saat meninjau kegiatan nelayan Lamongan, Kamis (6/5).

Selain itu, Jokowi juga melakukan dialog bersama perwakilan nelayan Kabupaten Lamongan untuk mendengarkan dan menampung aspirasi para nelayan. 

Jokowi  juga mengungkapkan, meski keseluruhan normal, namun terdapat beberapa keluhan yakni terkait pendangkalan di pelabuhan di dua lokasi yang dimintakan untuk diadakan pengerukan.

“Saya juga sudah sampaikan, nanti dua tiga bulan akan segera dilakukan pengerukan, termasuk juga lampu haluan akan diperbaiki," janji Jokowi.

"Kita harapkan beberapa perbaikan tadi nanti bisa meningkatkan kesejahteraan nelayan, karena mau berlabuh mau bongkar lebih mudah,” harapnya. 

Tak hanya meninjau PPDI,  Jokowi juga melakukan peninjauan pabrik pengolahan produk makanan laut, PT Bumi Menara Internusa (BMI) Lamongan.

PT BMI Lamongan sendiri diketahui sebelumnya telah turut serta dalam pelepasan ekspor ke pasar global di tahun 2020. BMI merupakan eksportir produk perikanan yang produk-produknya telah merambah pasar Amerika Serikat, Uni Eropa, Jepang, dan Australia.

Terpisah, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi mengungkapkan bahwa seluruh aspirasi nelayan telah disampaikannya kepada Presiden dan telah disetujui. 

“Seluruh aspirasi nelayan sudah saya sampaikan ke Bapak Presiden dan akan ditindaklanjuti dan disetujui untuk dibangun. Ada empat hal yang disetujui yakni pengerukan di dua titik lokasi, perbaikan lampu mercusuar dan yang keempat terkait triporteur," terangnya.

"Saya dipesan oleh beliau untuk menindaklanjuti dengan membuat surat,” pungkas Yuhronur.