Pemkab Bondowoso Apresiasi Lembaga Inovatif.

Penganugrahan Bondowoso
Penganugrahan Bondowoso

Upaya Pemerintah Kabupaten Bondowoso dalam memperbaiki pelayaan publik semakin meningkat tahun ini.


Penganugerahan inovasi pelayanan publik  2021 kepada lembaga dan instansi terbaik dilaksanakan di Pendopo Bupati Bondowoso, Kamis (6/5).

Bupati Bondowoso, KH. salwa Arifin, dalam sambutannya menyampaikan, program ini sesuai Perbup No 99 Tahun 2018, tentang Satu Perangkat Daerah Satu Inovasi Setiap Tahun. Yang mana setiap tahun diharapkan setiap perangkat daerah melakukan inovasi.

"Harapan kami adalah setiap perangkat daerah berinovasi tiap tahunnya sekaligus bisa menjadi faktor percepatan pembangunan," paparnya, dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Lebih lanjut, Bupati mengatakan, pemkab sudah lama membuat Perbup yang harapannya harus terealisasi, buka hanya sebagai acuan semata.

"Perbup sudah ada, saya harap aturan ini tidak usang karena minimnya inovasi yang dilakukan," terangnya.

Program yang sejatinya dilaksanakan tiap tahun ini, kata Kiai Salwa, merupakan salah satu upaya pemerintah dalam memperbaiki layanan publik di Kabupaten Bondowoso.

"Kami telah mengupayakan, semoga setiap tahunnya makin meningkat," tutupnya.

Di tempat yang sama, Kabiro Organisasi Setda Prov Jatim, Hadi Wawan, mengapresiasi inovasi yang telah dilakukan perangkat daerah di Bondowoso tersebut.

"Komitmen kami memang untuk mendukung sekaligus memacu daerah melakukan inovasi," ungkapnya.

Semua daerah, kata Hadi, harus memacu inovasi pelayan publik tingkat regional, yang selanjutnya diklasifikasikan untuk yang terbaik akan dikirim ke tingkat Provinsi bahkan Nasional.

"Inovasi ini adalah brand pelayanan, semua perangkat yang memenuhi syarat inovasi pelayanan, itu yang akan dilombakan," jelasnya.

Wawan berharap, dalam pelayanan ini mampu menggandeng semua pihak, agar giat semacam ini makin meningkat. 

"Kampus, Dunia usaha, Ormas dan Media massa, itu yang harus digandeng, agar realisasi program ini semakin baik dan terpublis," pungkasnya.