Antisipasi Takbir Keliling dan Kerumunan, Polres Bondowoso Tutup Pintu Masuk Kota

Kapolres Bondowoso, AKBP Erick Frendriz,
Kapolres Bondowoso, AKBP Erick Frendriz,

Dalam rangka penerapan protokol kesehatan, Polres Bondowoso akan menekan kerumunan warga di malam hari raya Idul Fitri 1442 H.


Untuk pusat kota, tepatnya di alun-alun Ki Bagus Asra Bondowoso, akan ditutup total di malam idul fitri dari segala bentuk aktivitas yang menimbulkan kerumanan. 

Kapolres Bondowoso, AKBP Erick Frendriz, menjelaskan, melalui sesuai Surat Edaran (SE) Bupati Bondowoso, Alun-alun kota akan ditutup mulai jam 16:00 Wib.

"Sesuai SE Bupati, alun-alun akan kami tutup sejak pukul 16:00," jelasnya, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Senin, (10/5). 

Lebih lanjut, Erick menambahkan, pihaknya juga akan melakukan penyekatan pintu masuk kota Bondowoso, dikhawatirkan tetap banyak warga yang mengarah ke pusat kota.

"Nanti tepat pukul 18:00 akan kami tutup di tujuh pintu masuk kota, harapannya agar tidak ada takbir keliling dan kerumunan," tambahnya.

Namun, penutupan pintu masuk kota tersebut tidak bersifat total, akan ada pengendara yang bisa melintas dengan tujuan yang mendesak.

"Penutupan tidak bersifat total, artinya pintu masuk kota akan kami buka tutup sesuai peruntukannya," paparnya.

Untuk tempat wisata, Lanjut Erick, hasil rapat kordinasi forkompimda disepakati untuk seluruhnya ditutup selama 7 hari terhitung sejak 13 mei, namun potensi kerumunan ditempat non wisata tetap akan diawasi secara ketat.

"Salah satu tempat non wisata namun sering ramai dikunjungi, contohnya Bendungan Sampean Baru," akunya.

Pihaknya akan kerahkan 300 personil kepolisian untuk mengawasai potensi-potensi kerumunan hingga ke pelosok.

"Total 600 personil gabungan akan diterjunkan, 300 diantaranya adalah dari kepolisian," Tutupnya. (Gik)