Demi Kemajuan Desa, Kades di Ngawi Pilih Fokus Pembangunan Infrastruktur

Supriyono Kades Teguhan di lokasi proyek desa 
Supriyono Kades Teguhan di lokasi proyek desa 

Agar ekonomi desa berkembang, maka infrastruktur harus menjadi prioritas. Demikian disampaikan Supriyono Kades Teguhan, Kecamatan Paron, Ngawi.


"Bagi kami keberadaan infrastruktur sebagai satu syarat prasarana yang harus dituntaskan secara berkelanjutan untuk penguatan ekonomi. Maka bagaimana pekerjaan itu harus tuntas dan menjadi goldnya desa," terang Supriyono Kades Teguhan, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Senin, (10/5).

Menurutnya, keberadaan desa harus tetap pada prioritasnya yakni Pembangunan Nasional Berkelanjutan di desa atau Sustainable Development Goals (SDGs). 

Menurut Supriyono, keberadaan anggaran yang masuk desa baik ADD maupun DD harus fokus tiga hal.  Antara lain, pemulihan ekonomi sesuai kewenangan desa, pemetaan akan ketahanan pangan secara mandiri dan terakhir sebagai hal baru adalah desa aman dari Covid-19. 

Dengan adanya pembangunan terfokus berdasarkan SDGs Desa maka diharapkan mampu adanya output yaitu, adanya arah perencanaan pembangunan desa berbasis kondisi faktual (evidence) di desa itu sendiri.

"Satu contoh yang telah kami realisasikan selama ini di desa ini adalah bagaimana keberadaan jalan itu harus layak. Dan itu dilakukan secara estafet sesuai jumlah dusun yang ada," kupas kades yang menjabat dua periode ini.