Menkes Pastikan Stok Vaksin Covid-19 Bulan Mei Tercukupi

Menkes Budi Gunadi Sadikin/Net
Menkes Budi Gunadi Sadikin/Net

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, memastikan stok vaksin Covid-19 pada bulan Mei tercukupi.


Dia menerangkan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam menghadirkan stok vaksin untuk bulan Mei ini turut dibantu oleh Presiden Joko Widodo dan Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto.

"“Alhamdulillah dengan bantuan banyak kementerian, Pak Airlangga juga banyak bantu, Pak Presiden banyak bantu, sehingga stok kita akan naik lagi di bulan Mei ini,” ujar Budi dalam jumpa pers usai Rapat Terbatas (Ratas) di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (10/5).

Mantan Wakil Menteri BUMN ini memastikan bahwa pemerintah akan terus berupaya mencukupi ketersediaan vaksin untuk mencapai kekebalan komunitas atau herd immunity.

Budi menerangan, hingga tanggal 9 Mei cakupan vaksinasi telah mencapai sekitar 22 juta dosis dengan kapasitas vaksinasi mencapai 500 ribu per hari.

“Kita menembus angka (cakupan vaksinasi) 10 juta (dosis) sejak 13 Januari itu di 26 Maret, 20 juta itu di tanggal 30 April. Jadi dari dalam sebulan kita bisa naik 10 juta. Ini membuat totalnya kita sudah sampai sekarang Rp22 juta (dosis),” paparnya.

Adapun dengan ketersediaan vaksin yang kembali tinggi, Budi meminta jajaran pemerintah di daerah bisa kembali mengakselerasi laju penyuntikkan vaksin.

“Pesan saya ke seluruh aparat di daerah kita mulai menggenjot lagi ya karena jumlah stok vaksinnya sudah cukup. Di bulan Mei sesudah Lebaran segera kita genjot lagi vaksinasinya untuk bisa naik," ungkapnya.

"Kalau bisa kita coba menyentuh satu juta per bulan di bulan Juni,” demikian Budi Gunadi Sadikin seperti dimuat Kantor Berita Politik RMOL.