Usai Penggerebekan Persta Narkoba oleh Mabes Polri, Kasat Narkoba Porestabes Surabaya Dimutasi

Ilustrasi / RMOL
Ilustrasi / RMOL

Kepala Satuan Reserse Narkoba (Kasatreskoba) Polrestabes Surabaya AKBP Memo Adian dimutasi dari jabatannya. Mutasi itu dilakukan Polda Jatim beberapa pekan setelah penggerebekan lima anggota Satnarkoba Polrestabes Surabaya oleh Paminal Mabes Polri atas dugaan penyalahgunaan narkotika.


Berdasarkan Surat Telegram Kepala Polda Jatim bernomor ST/885/V/KEP/2021 tertanggal 11 Mei 2021 yang ditandatangani oleh Karo SDM Komisaris Besar Polisi Andi Syahriful Taufik, posisi Memo di Polrestabes Surabaya digantikan oleh Komisaris Polisi Daniel Somanonasa. Sedangkan Memo sendiri menjabat sebagai Analis Kebijakan Muda Bidang Gadik SPN Polda Jatim.

Kompol Daniel sebelumnya menjabat Kepala Subdirektorat I pada Direktorat Narkoba Polda Jatim. Adapun pengganti Kompol Daniel ialah Kompol Jazuli Dani Irawan yang sebelumnya Kabagbinopsnal Ditreskoba Polda Jatim.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Gatot Repli Handoko membenarkan soal mutasi jabatan di Polres jajaran Polda Jatim. Menurutnya, selain Memo juga ada beberapa anggota lain yang juga dimutasi.

"Memang benar, Pak Kapolda sudah mengeluarkan TR terkait mutasi (Kasatnarkoba AKBP Memo Ardian)," terang Gatot dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Rabu (12/5).

"Ada lima yang dimutasi dari jajaran Polda Jatim. Mutasi itu biasa dalam tubuh organisasi Polri, khususnya di Polda Jawa Timur. Untuk penyegaran, prinsipnya," tegas Gatot.

Ditanaya pakah mutasi lima anggota itu terkait dengan kasus dugaan pesta narkotika yang digerebek anggota Paminal Markas Besar Kepolisian RI dan Propam Polda Jatim beberapa waktu lalu, Gatot hanya memastikan mutasi tersebut untuk penyegaran saja.

"Yang jelas, (mutasi) itu untuk penyegaran. Penyegaran organisasi saja biar lebih kuat dan solid lagi," ucap Gatot.