Tugu Pesilat Kera Sakti Dirusak Gerombolan Orang Tak Dikenal

Bangunan Tugu Pesilat Kera Sakti, yang dirobohkan.
Bangunan Tugu Pesilat Kera Sakti, yang dirobohkan.

Tugu Ikatan Pencak Silat Putra Indonesia ( IKSPI) Kera Sakti yang berada di Dusun Lengkong RT/RW : 01/25 Desa Wonosari Kecamatan Puger, dirusak orang tak dikenal Sabtu(15/5) dini hari. 


Pelaku yang diduga sebagai pesilat perguruan lain, merobohkan tugu Perguruan kera sakti yang baru 4 hari di bangun. 

Menurut  salah seorang saksi mata, Asmari, perusakan tugu ini dilakukan sekitar pukul 01: 30 WIB.  Kondisi bangunan tugu, masih  baru dicor, kayu sirap masih belum dilepas. Mendengar ada suara gaduh di tanah pekarangannya, ia keluar rumah. Diperkirakan, lanjutnya, ada sekitar seratus orang dan berpakaian preman.

"Kulo mboten semerep tiange( Saya tidak tahu atau kenal  orangnya)," ucap Pria pemilik tanah tersebut, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Sabtu (15/5).

Saat kejadian itu, para  tetangga juga banyak yang ikut keluar, tetapi hanya melihat saja dan tidak berani menghentikan aksi pengrusakan. Sebab, massa yang datang cukup banyak. 

"Tugu tersebut, masih belum dikasih logo, karena masih tahap pengecoran,” terangnya.

Sementara, Ketua IKSPI Kera Sakti Sub  lengkong Desa Purwoasri Puger Rofik Maulana, mengaku tidak terima atas insiden tersebut. Sebab, tugu itu dibuat atas iuran anggota.

Dia menjelaskan, tugu itu baru dibangun 4 hari yang lalu  dari uang dan tenaga anggota semua. Proses pembangunan tugu itu, baru sekitar 30%.  

"Wong masih baru dicor, la kayunya lo  belum dicopot, kok tiba-tiba dirusak, saya tidak terima," jelas Rofiq sambil menahan amarah.

Dia menduga, pelaku perusakan berasal dari anggota perguruan silat lain. Sebab usai peristiwa perusakan  tugu tersebut, ia dikabari warga sekitar. Ia langsung pulang untuk melihat tugu tersebut. Di tengah berpapasan dengan sekelompok orang yang mencurigakan.

"Saya salipan denga sekelompok orang itu. Salah satu dari mereka yang menggunakan jaket, bilang ke saya, des-bedes, tugumu ambruk (ra- kera, tugunya roboh ; Red)," jelas Rofiq.

Menyusul kejadian tersebut, pihaknya langsung  melaporkan kasus  pengrusakan itu ke mapolsek Puger. 

Kapolsek Puger, AKP Ribut Budiyono saat dikonfirmasi, membenarkan peristiwa itu. 

"Kita masih akan meminta keterangan dari para saksi," ucap AKP Ribut.