Aksi Bela Palestina, Muda-mudi Pejuang Islam Demo Ke DPRD Jatim

Ratusan orang yang menamakan diri Persatuan Pemuda Pemudi Pejuang Islam Indonesia menggelar aksi unjukrasa di depan Gedung DPRD Jatim, Senin (17/5). 


Mereka menggelar aksi betajuk "Indonesia Bela Palestina" tersebut untuk memprotes serangan Israel kepada Palestina yang banyak menimbulkan korban jiwa.

"Kami menyelenggarakan aksi bela Palestina atau aksi solidaritas Palestina ini adalah untuk mendukung Presiden Jokowi untuk terus aktif mendukung dan membela Palestina melawan agresi Israel," kata koordinator aksi Mila Machmudah, dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Dia mengatakan, mengutuk keras tindakan Israel yang melakukan penyerangan kepada warga Palestina secara membabi buta.

"Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa. Dan oleh sebab itu, maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan peri keadilan," ungkap Mila saat membacakan amanat pembukaan UUD 1945. 

Dari pantauan, ratusan peserta terlihat menyebarkan selebaran dukungan terhadap Palestina. Mereka menyatakan akan terus melakukan aksi tersebut agar Palestina mendapatkan kemerdekaan penuh dan terbebas dari penjajahan bangsa Israel.

"Pemerintah harus lebih tegas, harus lebih menginisiatif untuk memperjuangkan Palestina merdeka. Jadi, yang seperti Bung Karno minta, presiden-presiden sebelumnya minta, bahwa Indonesia akan terus bersama Palestina selama Palestina masih dijajah Israel," ungkapnya. 

Dikatakan Mila, sikap pemerintah Indonesia memang sudah jelas yakni mendukung sepenuhnya Palestina untuk merdeka. Serta mengecam tindakan dari Israel. 

Sejak presiden pertama hingga Presiden Jokowi, sudah jelas, bangsa Indonesia tak pernah setuju jika masih terdapat praktek penjajahan di muka bumi. Apalagi sampai merenggut nyawa. Hal demikian juga merupakan amanat dari pembukaan UUD 1945.