Kemenkes Genjot Vaksinasi Kelompok Lansia Pasca Lebaran

Vaksinasi untuk kelompok lanjut usai (Lansia) yang dilakukan petugas kesehatan/Net
Vaksinasi untuk kelompok lanjut usai (Lansia) yang dilakukan petugas kesehatan/Net

Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin menyampaikan penyuntikkan vaksin Covid-19 untuk kelompok lanjut usia (Lansia) akan digenjot pemerinta paska Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah.


“Sesudah kita agak mengurangi laju vaksinasi karena kurangnya jumlah vaksin di akhir April dan juga masuk bulan Ramadan dan Lebaran, ini saatnya kita menggenjot kembali vaksinasi,” ujar Budi dalam jumpa pers usai Rapat Terbatas (Ratas) bersama Presiden Joko Widodo di Kompleks Istana Merdeka, Jakarta Pusat, seperti dikutip melalui website Sekretariat Kabinet, Selasa (18/5).

Dalam vaksinasi nanti, Budi memastikan satu kelompok prioritas penerima vaksin akan ditingkatkan. Sebab, kelompok ini merupakan orang-orang yang memiliki tingkat kerentanan cukup tinggi terhadap Covid-19.

"Tolong pastikan vaksinasinya ditingkatkan lagi, diperbanyak lagi terutama untuk para lansia karena merekalah yang paling rentan, kemungkinan masuk rumah sakitnya tinggi, dan wafatnya tinggi,” tuturnya.

Budi mengungkapkan, saat ini ada dua wilayah yang memiliki cukup banyak lansia sudah divaksin. Sementara, daerah yang memiliki fatality rate tinggi seperti Daerah Istimewa Yogyakarta, belum maksimal.

"Lansia yang paling banyak divaksin adalah DKI Jakarta dan Bali, dan itu mudah-mudahan bisa mengurangi jumlah orang yang masuk rumah sakit dan wafat,” imbuhnya.