Tekan Stunting, Mindo Sianipar Ajak Masyarakat Madiun Gemar Makan Ikan

Anggota Komisi IV DPR RI Mindo Sianipar saat memberikan bantuan paket secara simbolis/RMOLJatim
Anggota Komisi IV DPR RI Mindo Sianipar saat memberikan bantuan paket secara simbolis/RMOLJatim

Upaya pemerintah dalam menekan pertumbuhan stunting yang berpotensi menurunkan kualitas hidup dan produktivitas masyarakat adalah dengan mengedukasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan). 


Demikian disampaikan anggota komisi IV DPR RI Mindo Sianipar saat safari gemarikan di I club kota Madiun, Jumat (21/5).

Mindo Sianipar menambahkan Gemarikan merupakan upaya meningkatkan konsumsi makan ikan masyarakat Indonesia. 

Dalam acara yang dihadiri para kelompok tani wanita beserta guru Paud kota maupun kabupaten Madiun tersebut dijelaskan pula teknis pembuatan produk-produk UKM olahan makanan berbahan dasar ikan menjadi produk kekinian yang digemari masyarakat.

"Ini upaya pemerintah bersama anggota DPR RI untuk mendorong dan menumbuhkan minat masyarakat untuk makan ikan. Selain itu juga memberikan teknis pembuatan produk-produk UKM olahan makanan berbahan dasar ikan menjadi produk kekinian yang digemari," terang Mindo kepada Kantor Berita RMOLJatim di Madiun.

Usai menyerahkan 500 paket untuk masyarakat secara simbolis bersama Mindo Sianipar, Direktur Pemasaran Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, Machmud menambahkan bahwa program Gemarikan merupakan kegiatan bersama untuk memberikan edukasi dari hulu ke hilir ke masyarakat. 

"Tidak hanya mengkonsumsi namun masyarakat juga bisa memproduksi olahan makanan berbahan dasar ikan tersebut," kata Machmud.

Dirinya juga berharap kegiatan bersama dengan DPR ini bisa terus berjalan tujuannya agar masyarakat Indonesia bisa memakan ikan. Khususnya di wilayah Jawa yang tingkat konsumsi ikannya tergolong rendah.

"Harapannya kegiatan ini tetap berlanjut bagaimana bisa terus masyarakat Indonesia mengkonsumsi ikan. Terutama di jawa itu konsumsinya masih rendah," pungkas Machmud.

Sekedar diketahui, angka konsumsi ikan nasional tahun 2020 naik 3,47 persen menjadi 56,39 kg/kapita dibanding tahun 2019 sebesar 54,5 kg/kapita dan ditargetkan akan naik menjadi 62,5 kg/perkapita pada tahun 2024.