BKIPM dan Mindo Sianipar Salurkan Paket Ikan Sehat Bermutu untuk Masyarakat Madiun

Penyaluran bantuan BKIPM Surabaya 1 dan Mindo Sianipar dalam Bulan Mutu Karantina untuk masyarakat kabupaten Madiun/Ist
Penyaluran bantuan BKIPM Surabaya 1 dan Mindo Sianipar dalam Bulan Mutu Karantina untuk masyarakat kabupaten Madiun/Ist

Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Surabaya I, bekerja sama dengan Mindo Sianipar anggota komisi IV DPR RI menyalurkan 900 Paket ikan sehat bermutu di Kabupaten Madiun.


Kegiatan ini merupakan rangkaian acara Bulan Mutu Karantina yaitu penyediaan dan penyaluran bantuan ikan sehat bermutu kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Ini merupakan kegiatan kami dalam bulan mutu karantina dengan anggota komisi IV DPR RI Mindo Sianipar menyalurkan bantuan ikan sehat dan bermutu kepada masyarakat di kabupaten Madiun," terang Kepala Pusat Karantina ikan Riza Priyatna, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, di Madiun, Senin (24/5).

Riza menambahkan bahwa tujuan dari bulan mutu karantina untuk mengedukasi masyarakat agar gemar makan ikan, apalagi ikan banyak mengandung protein sehingga baik untuk di konsumsi di tengah pandemi covid 19 dan juga untuk menekan angka stunting di kabupaten Madiun yang tingkat konsumsi ikannya masih rendah.

"Di kabupaten Madiun tingkat konsumsi ikan masih tergolong rendah. Dengan edukasi ini diharapkan bisa menumbuhkan minat kepada masyarakat untuk konsumsi ikan," tambah Riza.

Sementara itu anggota komisi IV DPR RI Mindo Sianipar mengatakan bahwa program ini merupakan komitmen Komisi IV DPR RI terhadap masyarakat terutama di wilayah kabupaten Madiun. Agar gizi pada anak dapat tercukupi, dan membantu perekonomian masyarakat serta menyediakan protein melalui ikan untuk imunitasi dalam situasi pandemi Covid-19.

"Tujuannya agar gizi pada anak dapat tercukupi, melalui protein yang ada ikan serta untuk imunitas dalam situasi pandemi seperti ini," tandas Mindo.

Sekedar diketahui, angka konsumsi ikan nasional tahun 2020 naik 3,47 persen menjadi 56,39 kg/kapita dibanding tahun 2019 sebesar 54,5 kg/kapita dan ditargetkan akan naik menjadi 62,5 kg/perkapita pada tahun 2024.