Survei IPS: Anies Baswedan Jawara Pilpres 2024, Membayangi Prabowo Subianto

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan/Ist
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan/Ist

Hasil survei nasional lembaga Indonesian Presidential Studies (IPS) bulan April-Mei 2021, Anies Baswedan masuk dalam radar 3 jawara yang potensial memenangkan Pilpres 2024 mendatang. 


Dikatakan Direktur riset IPS, Arman Salam, Anies adalah calon potensial. Jika nama Jokowi dikeluarkan, Anies mengantongi dukungan 14.7 persen dari 30 Nama yang diuji. 

"Nama Anies masuk pada jawara "Bang Jago" calon potensial menang Pilpres 2024 mandatang," papar Arman Salam dikutip Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (27/5). 

Sosok mantan Mendikbud itu membayangi Prabowo Subianto, bahkan dengan aneka simulasi head to head Anis selalu unggul jika diadu dengan siapapun kecuali Prabowo Subianto. 

Temuan IPS, diuraikan Arman, nama Prabowo memang masih jawara namun suatu hal yang wajar mengingat Prabowo adalah figur yang sudah dua kali mencalonkan sebagai calon presiden. 

"Tingkat pengenalan Prabowo jauh mengungguli calon yang lain, tetapi angkanya pun tergolong masih biasa berkisar diangka 25,4 persen," kata Arman. 

Lanjut Arman, jika figur Prabowo ditelaah dari hasil survei maka angka tersebut warning dan PR besar bagi Prabowo Subianto agar bisa menang pada pertarungan nanti. 

Apalagi saat ini sosok seperti Anies, Ganjar dan Ridwan Kamil sudah mewarnai berbagai literatur survei Pilpres yang ada. 

"Kemunculan Anies, Ganjar dan Ridwan kamil sebagai wajah baru calon presiden hasil survei, menambah marak kontestasi," pungkasnya.