Pemkab Bondowoso Resmi Buka 2156 Rekrutmen CPNS dan PPPK

Pembukaan rekrutmen CPNS Bondowoso
Pembukaan rekrutmen CPNS Bondowoso

Rekrutmen CPNS dan PPPK 2021 kabupaten Bondowoso dibuka, ada sebanyak 2156 formasi yang bisa diikuti oleh masyarakat Bondowoso.


Keputusan rekrutmen tersebut, menurut Bupati Bondowoso, KH. Salwa Arifin, sebagai bentuk komitmen pemerintah terhadap masyarakat untuk melaksanakannya.

"Setelah persoalan penganggaran selesai, saya perintahkan ketua tim anggaran agar cpns dan pppk diselenggarakan," terang Bupati dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Jumat, (28/5).

Sebelumnya, peniadaan rekrutmen tersebut bukan menjadi keputusan akhir melainkan hanya sebatas usulan dan oleh tim anggaran dan badan anggaran.

Sejak awal pemkab memang akan melaksanakan rekrutmen dengan refocusing dari celah-celah anggaran di pos lainnya termasuk sekretariat DPRD.

"Di tengah jalan masih terjadi tarik ulur terkait jumlah pasti refocusing. Oleh karenanya rekrutmen tersebut menjadi opsi refocusing," tambahnya

Masih berupa usulan dan menjadi opsi. Ternyata, setelah melakukan pendekatan ke sekretariatan yang prosesnya alot, akhirnya bisa dilakukan refocusing.

Dilanjutkan Bupati Salwa, bahwa sesuai keputusan Menteri PAN-RB, Bondowoso memperoleh alokasi formasi sebanyak 2.156.

"Secara terperinci yakni CPNS sejumlah 337 formasi yang terdiri dari formasi kesehatan sebanyak 268. Kemudian formasi teknis 69, untuk PPPK sejumlah 1.819 formasi dan formasi khusus untuk guru honorer yang ada dalam database dapodik Kemendikbud,” sambungnya.

Menurut Sekretaris Daerah Soekaryo, ini dilakukan bukan hanya karena anggaran untuk biaya pelaksanaan yang masuk dalam refocusing.

Melainkan juga mempertimbangkan alokasi anggaran untuk gaji, tunjangan, hingga pelaksanaan latihan dasar manakala mereka telah menjadi ASN.