HJKS ke 728, Wali Kota Surabaya Beri Penghargaan kepada 16 Patriot Nanggala 402

Wali Kota Eri saat memberikan penghargaan kepada salah satu keluarga Patriot Nanggala 402/RMOLJatim
Wali Kota Eri saat memberikan penghargaan kepada salah satu keluarga Patriot Nanggala 402/RMOLJatim

Di moment Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke 728, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya  juga memberikan memberikan kepada 16 Patriot Nanggala 402 atas dedikasi dan pengabdiannya dalam pengawasan dan pengamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).


Penyerahan penghargaan bagi para patriot itu diserahkan kepada istri atau keluarga almarhum. 

Satu persatu istri pejuang itu menerima penghargaan yang diserahkan langsung oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi didampingi seluruh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Surabaya. 

Seusai penyerahan penghargaan, Wali Kota Eri menyampaikan bahwa kru awak kapal Nanggala 402 itu merupakan patriot bangsa. 

Makanya, ia mengaku tidak cukup pemkot hanya memberikan beasiswa kepada anak-anak mereka.

“Sebagai pahlawan yang telah menjaga keutuhan bangsa, sebenarnya tidak ada artinya ketika pemkot memberikan sebuah penghargaan kepada mereka. Namun, itulah yang bisa dilakukan oleh pemkot meskipun tidak bisa mengembalikan kebahagiaan pihak keluarga,” kata Wali Kota Eri dikutip Kantor Berita RMOLJatim usai mengikuti peringatan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke 728 di Taman Surya, Balai Kota Surabaya, Senin (31/5).

Meski begitu, ia yakin bahwa apa yang telah dilakukannya hanya bisa mendukung dan bisa mendoakan, semoga keluarga almarhum selalu diberikan kebahagiaan dan putra-putrinya bisa menjadi patriot bangsa, seperti yang telah dicontohkan oleh ayahanda mereka.

“Alhamdulillah untuk anak-anak para patriot ini kita sudah memberikan santunan. Kita juga memberikan beasiswa kepada mereka mulai TK hingga lulus kuliah, karena itu adalah tanggungjawab kita sebagai seorang warga, dimana ada pahlawan yang rela mempertaruhkan nyawa untuk kepentingan bangsa dan negera,” pungkasnya.

Ke 16 patriot KRI Nanggal 402 yang menerima penghargaan dari Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi melalui keluarganya itu diantaranya Almarhum (Alm) sertu Kom Willy Ridwan Santoso, Alm Mayor Laut (P) Wisnu Soebiyantoro, Alm Mayor Laut (E) Willy ST, Alm Mayor Laut (P) Eko Firmanto, Alm Kapten Laut (P) I Gede Kartika SAP, Alm Lettu Laut (T) Anang Sutrianto, Alm Lettu Laut (P) Adi Sonata, Alm Lettu Laut (P) Imam Adi Aji K.

Kemudian Alm Letda Laut (E) Adhi Laksmono, Alm Letda Laut (P) Munawir, Alm Serda Lis Wahyu Adiyas, Alm Serda Kom Purwanto, Alm Serda Mes Guntur Ari P, Alm Kopda Tlg Dirgantara Nugroho Putranto, Alm Pengda TK I/III B Suheri dan Alm KLK ETA Roni Efendi.