Hari Lahir Pancasila, Ketua DPRD Kabupaten Madiun: Kita Perlu Mengasah Kembali Semangat Seperti Bung Karno

Ketua DPRD Kabupaten Madiun, Fery Sudarsono/RMOLJatim
Ketua DPRD Kabupaten Madiun, Fery Sudarsono/RMOLJatim

Ketua DPRD Kabupaten Madiun, Fery Sudarsono mengajak masyarakat mencintai dan memahami Pancasila serta meneladani semangat Bung Karno dalam memperingati hari lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni.


“Pancasila yang lahir  1 Juni 1945 merupakan momentum bersejarah bagi bangsa Indonesia. Kelahiran Pancasila pada 1 Juni membuktikan bersatunya rakyat untuk Indonesia Tangguh. Karena sejatinya bukan hanya generasi jaman now, tetapi kita semua perlu mengasah kembali pengetahuan dan semangat kita layaknya Bung Karno,” ungkap Fery pada Kantor Berita RMOLJatim, Selasa (1/6).

Dikatakan Ketua DPC PDIP Kabupaten Madiun ini, Pancasila memiliki arti penting bagi bangsa  Indonesia. Sebab Pancasila telah menjadi ideologi bangsa. 

"Apabila negara ini telah kehilangan ideologinya, sejatinya sudah kehilangan segala-galanya sebagai suatu bangsa. Maka komitmen bersama segenap bangsa dan negara terutama masyarakat Kabupaten Madiun dalam memperingati hari lahir Pancasila tahun 2021 dilaksanakan dengan mempertimbangkan situasi dan kondisi kedaruratan Pandemi Covid-19. Ini dalam rangka mendukung upaya pemerintah mencegah, mengendalikan, dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia," jelasnya. 

Seperti diketahui, hari lahir Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016. Kali ini hari lahir Pancasila yang jatuh pada Selasa (1/6/2021)  ditetapkan sebagai hari libur nasional.

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengeluarkan surat edaran untuk segenap komponen bangsa dan masyarakat Indonesia agar berkomitmen memperingati hari lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni sebagai bagian dari pengarusutamaan Pancasila dalam seluruh bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.