Bersih-bersih Kawasan Geologi, DLHP Bondowoso Angkut 3 Ton Sampah

Bersih-bersih kawasan geologi di Bondowoso/ RMOLJatim
Bersih-bersih kawasan geologi di Bondowoso/ RMOLJatim

Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (DLHP) Bondowoso membersihkan sampah yang bertebaran di sepanjang jalan kawasan situs geologi Kalipait, Kamis (3/6).


Hasilnya, DLHP mengangkut sekitar satu kontainer sampah. Atau setara dengan 9 kubik sampah, dan jika dikonversi menjadi ton yakni mencapai 2,97 ton. 

"Baru saja kami bersihkan sampah-sampah sekitar kawasan Kalipait," ungkap Kasi Pengelolaan Sampah Dan Limbah Dinas Lingkungan Hidup Dan Perhubungan (DLHP) Bondowoso, Abdul Asis, dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Asis menambahkan, sampah yang berserakan di dominasi oleh sampah-sampah organik dari sisa sayuran petani.

"Sampah itu dari sisa sayuran petani yang habis panen,jadi mudah membusuk," tambahnya.

Ia menambahkan, pihaknya membawa tiga armada truk sampah, dengan pasukan sekitar 35 orang yang ikut membersihkan sampah-sampah tersebut.

Menurutnya, pembersihan dilakukan sebagai tindak lanjut dari adanya keluhan bau busuk limbah sampah di jalan menuju objek wisata di Kecamatan Ijen. 

"Selama ini pihak BLH secara berkala melakukan pengangkutan sampah di objek wisata. Seperti beberapa waktu lalu dilakukan di objek wisata Kawah Wurung," tegasnya.

Akan tetapi, memang kesadaran masyarakat masih kurang untuk membuang sampah pada tempatnya. 

"Langsung kita pasang banner di sana yang isinya larangan buang sampah sembarangan," sambungnya.

Ia mengaku bahwa pihaknya tak bisa melakukan peneguran kepada mereka yang sengaja buang sampah sembarangan. Karena, kewenangan teguran itu sebagaimana di Perda nomer 8 tahun 2020 yakni Satpol PP. 

"Di banner-banner itu kita sebutkan larangan itu ada tindakan pidananya, kalau tak keliru tiga bulan kurungan dengan denda sekitar Rp 50juta," pungkasnya. 

Sebelumnya, Polisi Pariwisata Bondowoso menertibkan limbah sayur yang dibuang petani di pinggir jalan arah Kawah Ijen. Sebab, limbah itu sangat mengganggu pandangan dan mengeluarkan aroma tak sedap.