Fikes Unitomo Gelar Rapid Antigen ke Peserta KKN

Rapid antigen peserta KKN/RMOLJatim
Rapid antigen peserta KKN/RMOLJatim

Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) bersama Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Dr. Soetomo (LPPM Unitomo) menggelar tes rapid antigen untuk peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Pusat Layanan Kesehatan Gedung H lantai 1. Sebanyak 200 peserta KKN menjalani rapid antigen.


“Tes ini kami lakukan sesuai arahan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Sidoarjo, yang mana setiap peserta yang akan terjun ke lapangan wajib mengantongi hasil tes Rapid Antigen”, kata Ketua LPPM, Fadjar Kurnia Hartati dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Jumat (4/6).

Fadjar menambahkan, seluruh peserta KKN wajib mematuhi protokol kesehatan secara ketat dalam pelaksanaan KKN.

“Dari 600 mahasiswa peserta KKN, kami bagi menjadi 3 gelombang saat turun ke lapangan, dan itu pun masih kami bagi lagi menjadi kelompok-kelompok kecil yakni 5 orang. Ini kami lakukan untuk menghindari kerumunan saat di lapangan, sehingga protokol tetap terjaga secara ketat”, imbuh Doktor Bidang Ketahanan Pangan ini.

Senada dengan Fadjar, Arkha Rosyaria Badrus, Wakil Dekan I Fikes mengatakan selain menjaga protokol kesehatan saat kegiatan KKN, saat melaksanakan tes rapid antigen peserta KKN wajib mematuhi protokol kesehatan secara ketat.

“Sesuai jadwal dan pembagian gelombang yang diberikan oleh panitia KKN, kami juga memberikan jadwal tes rapid antigen sesuai regulasi yang ditetapkan pemerintah. Sehingga hasil tesnya bisa digunakan sebagaimana mestinya dalam menjalankan program KKN di lapangan”, terangnya.

Selain itu, Arkha juga menginformasikan batas penggunaan hasil rapid antigen bisa dugunakan dalam kurun waktu 2 x 24 jam untuk antar kota di wilayah Jawa Timur.

“Jadi, mahasiswa kami jadwalkan melakukan tes rapid antigen di hari Jumat, mengingat peserta KKN menjalankan programnya di hari Sabtu dan Minggu secara bergelombang”, pungkasnya.