Dana Desa Terancam Dikurangi, DPMD Bondowoso Desak Desa Selesaikan SDGs Desa

Kepala DPMD Bondowoso, Haeriah Yulianti/Ist
Kepala DPMD Bondowoso, Haeriah Yulianti/Ist

Data berbasis SDGs Desa sangat penting digunakan pemerintah desa dalam penggunaan dana desa dan sebagai landasan untuk menentukan arah kebijakan pembangunan desa. 


Kepala DPMD Bondowoso, Haeriah Yulianti, menegaskan desa yang tidak melaksanakan program pendataan Sustainable Development Goals (SDGs) Desa terancam Dana Desa (DD) tahun berikutnya dikurangi oleh kementrian.

SDGs Desa, kata Haeriah, merupakan role pembangunan berkelanjutan yang masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2021. 

Lebih lanjut, Haeriah mengatakan, pendataan SDGs Desa merupakan program prioritas Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemdes PDTT) yang wajib dilaksanakan oleh desa.

"Jika tidak dilaksanakan maka akan berdampak pada perolehan dana selanjutnya," ujarnya, saat dikonfirmasi Kantor Berita RMOLJatim, Senin (7/6).

Dicontohkannya, sama halnya dengan tahun sebelumnya, desa yang tidak melaksanakan program Bantuan Langsung Tunai (BLT), yang merupakan program prioritas menteri, maka ada pengurangan terhadap Dana Desanya

"Tanpa harus dijelaskan pasti akan ada konsekuensi dari kementerian bagi desa yang melanggarnya," tambahnya.

Dia menambahkan, program SDGs ini pendataannya bersifat online, sehingga data yang disampaikan juga bersifat online, maka pusat akan memantau langsung dan mudah mengetahui jika tidak dilaksanakan.

"Sepanjang program itu merupakan program prioritas Kementerian Desa, maka desa wajib melaksanakannya," pungkasnya.

Sebagai informasi, data berbasis SDGs Desa merupakan pemutakhiran data Indeks Desa Membangun (IDM) yang lebih detail, karena terdapat pendalaman data-data pada level RT, keluarga, dan warga sehingga bisa memberikan informasi lebih banyak sebagai proses perbaikan data.

Per 6 Juni 2021, sebanyak 37.228 dari 74.961 desa di seluruh Indonesia telah menyelesaikan pendataan pemutakhiran data berbasis SDGs Desa.