Disdukcapil Gresik Layani Permohonan KK Untuk Pasangan Nikah Siri

Ilustrasi / net
Ilustrasi / net

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Gresik, didatangi sejumlah pasangan orang yang telah melakukan nikah siri untuk mengajukan permohonan kartu keluarga (KK).


Menurut Kepala Disdukcapil Khusaini, sejak Januari hingga Mei 2021 tercatat ada sebanyak 643 pasangan nikah siri mengajukan permohonan KK.

"Sebagian besar pemohon KK yang nikah siri ini, karena telah memiliki anak dari hasil pernikahan mereka," ujarnya kepada Kantor Berita RMOLJatim, Senin (7/6). 

"Kami akui, banyaknya pasangan nikah siri yang mengajukan permohonan KK ini. Tidak lepas dari gencarnya sosialisasi tentang pentingnya pencatatan diri, yang kita lakukan hingga ke desa-desa dengan tujuan untuk melindungi anak dari hasil nikah siri ini," sambungnya.

Meski nikah siri atau nikah di bawah tangan, adalah sebuah pernikahan yang tidak dicatat di Kantor Urusan Agama.

Lanjut Khusaini, keberadaan anak dari hasil pernikahan siri juga harus diberi kepastian hukum atau status. Karena, pernikahan siri ini sah menurut hukum agama.

"Berdasarkan undang-undang administrasi kependudukan, semua warga negara harus memiliki nomor induk kependudukan (NIK). Sehingga, dengan memiliki NIK, mereka anak hasil pernikahan siri ini bisa mendapatkan akses pendidikan atau kesehatan atau lainnya yang berhubungan dengan pencatatan jati diri," imbaunya. 

Misalnya saat anak-anak itu hendak masuk sekolah, mereka kan harus memiliki KK dan nomor induk anak (KIA). Sebab KIA merupakan kartu yang diberikan kepada anak-anak yang berumur 0-17 tahun dengan bentuk seperti KTP. Kartu KIA berwarna pink.

"Tujuan diterbitkannya KIA adalah untuk meningkatkan pendataan, perlindungan dan pelayanan publik serta sebagai upaya memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara," ungkapnya.

“Bagi pasangan nikah siri yang ingin mendapatkan atau memohon KK ke kami, caranya mudah. Cukup membuat surat pernyataan tanggungjawab mutlak perkawinan atau perceraian dan ditandatangani dua orang saksi," tutupnya.