Duet Sipil-Militer Paling Diminati, Nama Jenderal Andika Muncul Ke Permukaan

KSAD Jenderal Andika Perkasa/Net
KSAD Jenderal Andika Perkasa/Net

Pilpres 2024 memang masih lama, tapi dinamikanya sudah mulai hangat mengisi ruang publik. Sejumlah lembaga bahkan menggelar polling dan survei untuk melihat kecenderungan sosok yang diinginkan publik.


Di antara yang membuat polling tersebut adalah Radarpol.com. Polling digelar secara online pada 28 Maret hingga 2 April 2021.

Polling yang diikuti 13.055 pemilih ini bertujuan untuk merekam keinginan publik pada latar belakang sosok pasangan presiden dan wakil presiden mendatang.

Mereka memberi 4 pilihan, yakni duet TNI/Polri-TNI/Polri, TNI/Polri-Sipil, Sipil-TNI/Polri, dan Sipil-Sipil. Hasilnya, mayoritas pemilih menginginkan duet Sipil-TNI/Polri 38,5 persen di Pilpres 2024 mendatang.

Disusul kemudian oleh TNI/Polri-Sipil 30,95 persen, Sipil-Sipil 24,2 persen, dan TNI/Polri-TNI/Polri mendapat 6,4 persen.

Sementara itu, nama yang paling menonjol untuk menjadi wakil militer di Pilpres 2024 adalah KSAD Jenderal Andika Perkasa.

Di mana berdasarkan hasil survei Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA), nama mantan Pangkostrad itu turut masuk 10 besar. Elektabilitasnya mencapai 7, 15 persen.

Andika Perkasa hanya kalah tipis dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang mengantongi elektabilitas 7,55 persen. Di satu sisi, tidak ada lagi calon dari kalangan militer atau TNI/Polri aktif yang masuk dalam survei tersebut.

Survei ini sendiri digelar pada 27 Mei sampai 1 Juni 2024 dengan melibatkan 1.600 responden di 34 Provinsi di Indonesia secara proporsional. Margin of error survei 2,85 persen dengan tingkat kepercayaan di 95 persen.