Tak Suka Berpolitik, Ketua Umum DPP REI Diusung Jadi Caketum di Kongres IKA Unair

Konferensi pers usulan nama Totok Lusida/ RMOLJatim
Konferensi pers usulan nama Totok Lusida/ RMOLJatim

Sejumlah alumnus Universitas Airlangga Surabaya yang tergabung pada Paguyuban Alumni Airlangga lintas fakultas, lintas angkatan dan lintas profesi mengusulkan nama Totok Lusida sebagai calon ketua umum IKA UA masa bakti 2021-2025.


"Pak Totok harus maju pada kongres X IKA UA yang digelar 2-3 Juli 2021 di Surabaya," ujar juru bicara Paguyuban Alumni Airlangga, Andi R Pohan, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, saat konferensi pers di Surabaya, Senin sore.

Saat ini, nama Totok Lusida tercatat sebagai Bendahara I Pengurus Pusat IKA UA masa bakti 2017-2021, sekaligus seorang pengusaha yang menjabat Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Real Estate Indonesia (REI).

Menurut Pohan, ke depan ketua umum IKA UA harus bisa mengkonsolidasikan semua kekuatan sehingga menjadi kekuatan yang membetikan manfaat besar bagi alumnus.

"Seorang ketum juga harus bisa membesarkan IKA UA dengan membentuk jaringan, baik terhadap sektor pemerintah, maupun swasta sehingga bisa menaikkan marwah dan disegani di kanca Nasional, baik dari sisi akademis, profesionalitas maupun politik," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Tim Pemenangan Totok Lucida sebagai ketua umum, Winaryo, mengklaim telah mengantongi dukungan sekitar 60 persen pemilik suara, dari total 118 suara yang berhak memilih.

"Suara dari Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, FKG, FK, FIB, Fakultas Farmasi, Fakultas Vokasi, Fakultas Psikologi, FKM, FISIP, dan PascaSarjana sudah sepakat mendorong Pak Totok Lusida," kata dia.

Menurut dia, Totok Lusida sudah dikenal dan teruji sebagai orang yang gemar berorganisasi segala tingkatan, bahkan internasional.

"Beliau juga memiliki jaringan bagus di pemerintahan, baik tingkat pusat, provinsi maupun kabupaten/kota, kepolisian, kejaksaan, serta sektor swasta di bidang industri perumahan sampai start up," tuturnya.

"Oh ya, ada yang menarik dengan pak Totok. Beliau tidak senang berpolitik, punya jejaring sangat luas. Bukan luas, tapi sangat luas," sambungnya.

Dijawadlkan, kata dia, Totok Lusida mendeklarasikan diri sebagai kandidat calon ketua umum IKA UA pada 12 Juni 2021 di Surabaya.

"Batas waktu calon mendaftar adalah 14 Juni 2021. Dua hari sebelum ditutup, kami akan deklarasi," kata pria yang juga dokter gigi tersebut.