Antisipasi Lojakan Covid 19 di Madura Masuk Situbondo, Pelabuhan Jangkar Lakukan Pengetatan

Petugas berpakaian APD lengkap melakukan tes swab antigen bagi penumpang asal pulau Madura/RMOLJatim
Petugas berpakaian APD lengkap melakukan tes swab antigen bagi penumpang asal pulau Madura/RMOLJatim

Mengantisipasi lonjakan Covid 19 di Pulau Madura menyebar ke Situbondo, otoritas pelabuhan Jangkar bersama tim gabungan melakukan pengetatan terhadap penumpang kapal feri asal Madura. 


Setiap penumpang kapal yang tiba di pelabuhan, Satgas Covid 19 Kecamatan Jangkar, Kabupaten Situbondo ini, langsung melakukan tes swab antigen.

"Semua penumpang akan dilakukan pemeriksaan rapid tes antigen, hal ini untuk antisipasi melonjaknya kasus Covid-19 di wilayah Madura agar tidak menyebar di wilayah kabupaten Situbondo," tetang Kapolsek Jangkar, AKP Fauzan, kepada Kantor Berita RMOLJatim, Selasa (8/6).

Masih menurut Fauzan, adalah personil gabungan yang terlibat dalam pelaksanaan pengamanan, dan pemantauan pelaksanaan rapid antigen bagi para penumpang yang baru tiba di pelabuhan Jangkar tersebut.

Selain melakukan pengamanan dan swab antigen, petugas juga memberikan imbauan kepada para penumpang untuk menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

Sesuai arahan Otoritas Pelabuhan, tim medis yang terlibat adalah Puskesmas setempat, yang melakukan pemeriksaan rapid tes antigen kepada para penumpang dari Madura ini.

Pantauan di lapangan, petugas gabungan langsung melakukan pemeriksaan satu persatu bagi penumpang yang tiba. Khusus bagi petugas kesehatan tampak menggunakan APD lengkap, saat melakukan pemeriksaan swab antigen tersebut.

Seperti diketahui, Pelabuhan Jangkar selama ini memang melayani rute perjalanan dari beberapa wilayah di Kabupaten Sumenep, tujuan Situbondo. Dalam setiap harinya pasti ada jadwal pemberangkatan, maupun kedatangan kapal feri.