22 Ribu Ekor Benih Lobster Dilepas Di Perairan Gili Probolinggo

Petugas Gabungan saat melepaskan ribuan benih lobster di Perairan Gili Probolinggo./Ist
Petugas Gabungan saat melepaskan ribuan benih lobster di Perairan Gili Probolinggo./Ist

Sebanyak 22 ribu ekor benih Bening Lobster, di lepaskan di Perairan Gili Ketapang Kabupaten Probolinggo. Ribuan benih lobster itu dilepaskan, oleh Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu Hasil Perikanan Surabaya I bekerjasama dengan Ditpolairud POLDA Jatim dan BPSPL Denpasar Wilker Jawa Timur.


Kepala Balai KIPM Surabaya I, Muhlin mengatakan, dilepaskannya 22 ekor benih itu, sebagai sikap Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dibawah komando Menteri Sakti Wahyu Trenggono, dalam menjaga keberlanjutan Sumber Daya Perikanan. Apalagi, menjadi poin penting untuk menjaga denyut perekonomian warga setempat.

“BMK bukan hanya tentang pelayanan, tapi juga menunjukkan komitmen kita dalam menjaga keberlanjutan,” ungkap Muhlin, Kepala Balai KIPM Surabaya I, dalam keterangan tertulis  yang diterima Kantor Berita RMOLJatim, Kamis (10/6).

Menurutnya, Benih Lobster yang dilepasliarkan untuk menindaklanjuti penggagalan pengiriman BBL secara ilegal oleh Ditpolairud Polda Jatim pada 6 Juni 2021 di Jalan Wilis Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek.

“Pelepasliaran Benih Bening Lobster Sebanyak 22.000 ekor ini, sebagai implementasi dari Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan No.12/PERMEN-KP/2020 tentang pengelolaan Lobster, Kepiting dan Rajungan di wilayah Republik Indonesia," ungkap dia

Sedangkan lokasinya, lanjut Muhlin berkoordinasi dengan BPSPL Denpasar Wilker Jawa Timur.

"Pelepasliaran merupakan hasil koordinasi dan rekomendasi dari BPSPL Denpasar wilker Jawa timur, bahwa lokasi tersebut merupakan habitat asli lobster," lanjut Muhlin.

Pelepasliaran benih lobster, didasarkan pada pertimbangan kemudahan akses. Selain itu keselamatan petugas dan kesesuaian kondisi perairan untuk habitat Benih Bening Lobster sesuai parameter fisika-kimia perairan.

"Maka pilihan terbaik jatuh pada lokasi kawasan konservasi yang terdekat di Perairan Gili Ketapang Probolinggo," tambah Kiki, Koordinator BPSPL Denpasar Wilker Jawa Timur.

Sumentara itu, Kasat Polairud Polres Probolinggo, AKP Slamet Prayitno mengatakan, kalau Benih Bening Lobster yang di lepaskan ini, merupakan hasil penangkapan terhadap 1 unit Mobil Honda Jazz warna silver dengan No. Pol F1336 QL yang dikemudikan oleh Widodo. 

Dari hasil pengembangannya, ditemukan BBL dalam packing dengan total keseluruhan terdapat 79 kantong plastik berisi BBL.

"Jumlah total 22.200 ekor terdiri dari Jenis Pasir 22.145 ekor dan jenis Mutiara 55 ekor. Pada saat dilakukan pemeriksaan terhadap dokumen perizinan, terduga tidak bisa menunjukkan/perijinan terkait BBL tersebut," tegasnya.

Kerena tidak bisa menunjukkan dokumennya, selanjutnya di bawa ke Ditpolairud Polda Jatim untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

"Selanjutnya pelaku dan barang bukti dibawa ke Mako Ditpolairud Polda Jatim untuk pemeriksaan lebih lanjut," pungkasnya.