Ukir Sejarah, Pembalap Indonesia Raih Pole Position Di Sirkuit Catalunya

Mario Suryo Aji torehkan sejarah apik mampu meraih pole position di Sirkuit Catalunya/Ist
Mario Suryo Aji torehkan sejarah apik mampu meraih pole position di Sirkuit Catalunya/Ist

Prestasi menawan dicatatkan pembalap muda Indonesia yang bertarung di ajang FIM Moto3™ Junior World Championship, Mario Suryo Aji. Untuk kali pertama dalam sejarah, Mario mencatatkan waktu terbaik untuk meraih pole position di balapan yang digelar di Sirkuit Catalunya, Spanyol, Sabtu (12/6).


Artinya, pembalap Astra Honda Racing Team tersebut akan memulai balapan dari posisi grid terdepan pada dua balapan yang digelar hari ini, Minggu (13/6) di sirkuit yang sama.

Dilansir dari Kantor Berita Politik RMOL, setelah hasil positif pada dua sesi latihan bebas, Mario mencatat lap tercepat pada sesi QP1 yang digelar Sabtu (12/6). Pada lap ke-8 dari 13 kali percobaannya, Mario mencatat waktu 1 menit 48,224 detik dan menjadi yang tercepat sepanjang sesi kualifikasi 1.

Memasuki sesi kualifikasi kedua (QP2), aspal lintasan mencapai suhu 50 derajat celsius. Alhasil, tidak ada pembalap yang bisa menajamkan catatan waktu mereka.

Mario sendiri berada di urutan keenam tercepat pada sesi QP2 ini, dengan hasil terbaik 1 menit 49,742 detik. Hanya 0,3 detik lebih lambat dari pebalap tercepat, setelah melakukan 14 lap untuk menajamkan catatan waktu tercepatnya.

"Saya sangat senang bisa meraih pole position pada putaran kali ini. Saya sangat bangga dengan tim, karena kami sudah bekerja dengan sangat baik dan layak mendapatkan hasil ini. Sesi latihan bebas berjalan dengan baik dan saya punya kecepatan yang bagus saat kualifikasi. Ini merupakan sirkuit favorit saya," ucap Mario dalam keterangannya yang diterima Redaksi, Minggu (13/6).

"Saya tidak sabar untuk balapan. Target saat balapan nanti adalah meraih podium pertama saya. Mohon dukungannya, agar saya tetap dapat tampil optimal dan meraih target pada balapan besok," harapnya.

Pembalap Astra Honda Racing Team, Mario Suryo Aji, akan mengisi pole position pada dua balapan Moto3 Junior World Championship yang berlangsung Minggu (13/6) pukul 16.00 WIB dan 19.00 WIB di Sirkuit Catalunya, Spanyol.