Ali Sadikin Layak Sandang Pahlawan Nasional

Mantan GUbernur DKI, Ali Sadikin/Net
Mantan GUbernur DKI, Ali Sadikin/Net

Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi, menilai mantan Gubernur DKI Jakarta periode 1966-1977, Ali Sadikin layak diangkat menjadi pahlawan nasional.


Menurut politisi PDIP itu, meskipun selama menjabat banyak kebijakan yang kontroversial, namun demikian tokoh yang akrab disapa Bang Ali sangat berjasa bagi kota Jakarta.

"Dengan segudang pemikiran cerdas, kerja keras, dan jasa jasanya kepada negara dan Jakarta maka Bang Ali layak mendapatkan gelar pahlawan nasional," ungkap Pras seperti dikutip Kantor Berita RMOLJakarta melalui akun instagram miliknya, Minggu (13/6).

Usulan gelar pahlawan untuk Bang Ali diketahui sudah berkali-kali dilakukan. Tetapi hingga kini predikat tersebut tak kunjung diberikan hanya karena terbentur persyaratan administrasi.

"Saya mendukung upaya penyusunan syarat administrasi untuk mendapatkan gelar tersebut. Seluruh data, kajian, dan dokumen dokumen telah disiapkan dan akan diserahkan kepada Kementerian Sosial," jelas Prasetio.

Politisi PDI Perjuangan itu lantas berharap, gelar pahlawan kepada Bang Ali dapat diberikan saat perayaan HUT DKI pada 22 Juni mendatang.

"Semoga gelar pahlawan nasional untuk Almarhum Ali Sadikin dapat diberikan tepat pada peringatan HUT DKI Jakarta ke 494 mendatang," pungkasnya.