Banyak Warga Terpapar Covid-19, Gugus Tugas Lakukan Swab Massal

Warga Sidomulyo jalani tes swab massal  /RMOLJatim
Warga Sidomulyo jalani tes swab massal /RMOLJatim

Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Mojokerto melakukan jemput bola dengan menggelar tes swab massal di Sidomulyo Gang 3 dan Sidomulyo Gang 4, Kelurahan Mentikan, Kecamatan Prajurit Kulon, setelah di kedua gang tersebut banyak warga yang terpapar covid-19.


Upaya ini diambil menyusul tingkat keterpaparan Covid-19 di dua gang kampung tersebut naik secara signifikan. Hingga saat ini jumlah warga yang telah di-tracing sebanyak 96 orang.

Juru bicara satgas Covid19 Kota Mojokerto sekaligus PIC (person in charge) Komunikasi Publik Vaksinasi Covid-19 Kota Mojokerto, Gaguk Tri Prasetyo mengatakan, dari hasil tes swab massal terhadap 96 orang, diperoleh hasil 50 positif Covid-19.  Rinciannya sebanyak 44 orang positif dari hasil tes swab Polymerase Chain Reaction (PCR) dan 6 orang dari hasil rapid tes antigen.

“Test swab tersebut merupakan standar baku pemerintah untuk diagnose Covid-19. Tes ini merupakan bagian dari 3T (testing, tracing, treatment) sebagai metode skrining bagi yang terpapar maupun berisiko tinggi terinfeksi Covid-19, memiliki riwayat kontak atau berisiko tinggi,” terang Gaguk, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Rabu (16/6).

Gaguk memamparkan, kronologi dan perkembangan kasus Covid-19 Sidomulyo, berawal tanggal 11 Juni 2021, seorang warga Sidomulyo Gang 3 meninggal dunia dengan status terkonfirmasi positif Covid-19.  Selang sehari kemudian,12 Juni 2021, seorang warga Sidomulyo Gang 4 meninggal dunia, juga dengan status terkonfirmasi positif Covid-19. 

“Pada tanggal 13 Juni 2021 diketahui 5 orang mengalami gejala yang mengarah kepada covid-19 dan dilakukan swab, didapat hasil 1 orang positif melalui rapid antigen dan 4 orang positif melalui tes swab PCR,” terangnya.

Kemudian, masih kata Gaguk lanjut, pada tanggal 14 Juni 2021 dilakukan tracing diketemukan 39 orang warga Sidomulyo Gang 4 terindikasi melakukan kontak erat baik dengan 5 orang maupun 2 orang yang meninggal sebelumnya. 

“Hasil tracing dari 39 orang tersebut dilakukan swab dengan hasil 35orang dinyatakan positif, 2 orang negatif, 2 orang samplenya invalid atau tidak keluar hasil,”ungkapnya.

Gaguk yang juga menjabat Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Mojokerto mengatakan, pada tanggal 15 Juni 2021 dilakukan tracing lanjutan terhadap 52 orang diidentifikasi kontak erat, 27 orang berasal dari Sidomulyo Gang 4 dan dilakukan rapid antigen hasilnya 4 orang positif, serta 25 orang dari Sidomulyo Gang 3 dengan hasil 1 orang positif rapid antigen.

“Hingga saat ini jumlah warga yang telah ditracing sebanyak 96 orang warga dari Swab pertama atas kasus 2 warga yang meninggal serta berdasarkan tes swab PCR terhadap 5 orang. Kemudian dari hasil tracing 96 orang yang terindikasi kontak erat diperoleh hasil 50 positif, dengan rincian tes swab PCR 44 orang positif, dan rapid antigen 6 orang positif.