Pemkab Jember Buka Gerai Vaksinasi Covid-19 Untuk Pralansia dan Lansia

Bupati Jember, Hendy Siswanto dan wakil bupati Jember, Gus Firjaun usai melaunching Gerai vaksinasi Covid19 di Lippo Mall Plaza Jember/Ist
Bupati Jember, Hendy Siswanto dan wakil bupati Jember, Gus Firjaun usai melaunching Gerai vaksinasi Covid19 di Lippo Mall Plaza Jember/Ist

Pemkab Jember terus memperluas tempat vaksinasi Covid-19. Salah satunya melaunching gerai pelayanan vaksinasi di Lippo Mall Plaza Jember.


"Vaksinasi Covid-19 ini dikhususkan pada kelompok sasaran lansia dengan umur 60 tahun ke atas dan pralansia yang berumur 50-59 tahun," ujar Bupati Jember, Hendy Siswanto, usai melaunching Gerai Pelayanan Vaksinasi di Atrium Lippo Mall Plaza Jember dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Kamis (17/6) malam.

Ikut hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Jember KH.Firjaun Balaman, Ketua TP PKK Kasih Fajarini, Wakil Ketua TP PKK Ervita Afdilah Sari dan segenap jajaran Forkopimda, juga Plt. Dinas Kesehatan Kabupaten Jember dr.Wiwik Supartiwi, Direktur Lippo Plaza Jember, ibu Dharma Wanita dan beberapa OPD terkait.

Program yang diinisiasi oleh Dinas Kesehatan berkolaborasi dengan TNI POLRI diharapkan bisa mencakup seluruh masyarakat untuk vaksin secara bertahap. 

Gerai launching vaksinasi Covid merupakan suatu inovasi percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 pada kelompok pralansia. 

"Pencegahan Covid 19 adalah kewajiban bersama-sama. Bukan hanya tugas pemerintah" tegasnya.

Bupati juga berpesan kepada masyarakat untuk saling berkolaborasi mengingatkan prokes 5 M dan jangan lupa berdoa semoga wabah Covid-19 segera hilang dari Indonesia. 

Sementara Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jember, dr.Wiwik Supartiwi, melaporkan, pelaksanaan acara ini merupakan sebagai bentuk sinergi dan kolaborasi sebagaimana himbauan dari bupati. Sudah ada puluhan gerai Puskesmas, klinik, rumah sakit daerah dan swasta.

"Kita telah berkolaborasi dan bersinergi untuk penyelenggaraan vaksinasi Covid. Diantaranya kami bekerjasama dengan 6 RS di Kabupaten Jember, 91 gerai puskesmas, 28 klinik, 13 RSUD dan swasta yang berupaya untuk kegiatan ini" ujar Wiwik.

Dia berharap upaya kerjasama dengan instansi terkait bisa mempermudah masyarakat mendapat pelayanan vaksin dan juga  menindaklanjuti edaran Surat Edaran Plt Dirjen Kemenkes, 28 Mei 2021 tentang Percepatan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 pada Kelompok Pralansia.