Ditunjuk Jadi Korwil APKASI Jawa Timur, Bupati Jember Ajak Saling Sinergi Antar Kepala Daerah

Kegiatan rakernas XIII APKASI di Bali/hms
Kegiatan rakernas XIII APKASI di Bali/hms

Bupati Jember Hendy Siswanto resmi mendapatkan amanah tugas baru, ditunjuk dan dilantik sebagai Koordinator Pengurus  Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Wilayah Jawa Timur, masa bhakti 2021-2026. 


Penunjukan dan sekaligus Pengukuhan Dewan Pengurus APKASI,  dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas)  XIII APKASI Tahun 2021,  dihelat  di Nusa Dua Convention Center, Hotel Nusa Dua Bali, Sabtu (19/06).

Rakernas XIII APKASI, yang digelar di pulau Dewata ini  mengetengahkan tema  "Tantangan dan Harapan Dalam Membangun Ekonomi Daerah di Masa Pandemi Coid 19" sesuai dengan arahan Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo. Salah satunya  mendukung pemulihan ekonomi Pulau Bali. 

      

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Menko Perekonomian, Menko Kemaritiman dan Investasi, Menteri Parekraf, Menteri Keuangan dan Menteri Koperasi dan UKM serta Menteri Dalam Negeri sebagai narasumber.

Dalam keterangan persnya,  Bupati Hendy Siswanto menyambut baik tugas yang diberikan oleh APKASI kepada dirinya. Sebagai Koordinator Wilayah Jawa Timur bagi Bupati Hendy adalah sebuah amanah untuk dapat menyinergikan komunikasi dan koordinasi antar kepala daerah, terutama dalam mendorong percepatan pembangunan dan pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19 ini.

"Saya rasa sudah waktunya bagi seluruh kepala daerah, mulai dari bupati dan walikota untuk membangun daerah dengan konsep saling sinergi antar daerah. Paling sederhana misalnya bisa dengan kerjasama promosi pariwisata atau kerjasama pembelian komoditas unggulan," ucap Bupati Hendy, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, dalam keterangan tertulis, Sabtu(19/6).

Dia mencontohkan hal ini sudah dilakukan Pemerintah Kabupaten Jember, yang telah  melakukan kerjasama dengan Pemprov DKI Jakarta,  untuk penyediaan komoditas hasil pertanian dan perkebunan. Bergotong royong, untuk memajukan wilayah masing dan bekerja sama untuk pemenuhan masyarakatnya.

"Sesuai dengan semangat Bapak Presiden Joko Widodo, di masa pandemi ini yang paling prioritas untuk dilakukan adalah gotong royong. Tidak bisa berpikir egosentris untuk masing-masing daerah saja jika skala pencapaiannya adalah nasional," tutur Hendy.