Serapan APBD 2021 Masih Rendah, Bupati Jember: Rakyat Sudah Menunggu

Bupati Jember, Hendy Siswanto evaluasi serapan APBD 2021/Ist
Bupati Jember, Hendy Siswanto evaluasi serapan APBD 2021/Ist

Bupati Jember, Hendy Siswanto memanggil seluruh Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Jember. 


Pasalnya sejak disahkan APBD Jember tahun anggaran 2021, penyerapannya masih minim alias baru mencapai 25 persen. Padahal APBD 2021 sudah berjalan 42 hari.

Dalam evaluasinya, Hendy mengintruksikan kepada seluruh Kepala OPD untuk tidak ragu-ragu dalam membelanjakan anggaran tersebut. Namun harus berpegang kepada aturan yang ada, sehingga tidak perlu menunggu instruksi bupati.

"Jangan ragu untuk membelanjakan. Saya yang bertanggung jawab selama bapak dan ibu Kepala OPD masih dalam jalur yang benar. Jangan menunggu intruksi atau petunjuk dari saya. Pokoknya benar sesuai aturan silakan realisasikan, rakyat kita sudah menunggu," kata Bupati Hendy, sesaat lalu.

Semestinya selama 42 hari APBD berjalan ini, kata Hendy, sudah terserap 45 persen. Namun hingga kini masih mencapai 25 persen penyerapannya.

"Tinggal tambah lagi kecepatannya. Saya ingin Oktober 2021 ini anggarannya sudah dihabiskan," harap  Hendy.

Hendy memfokuskan pada OPD yang memiliki anggaran besar, di antaranya seperti Dinas Cipta Karya, Bina Marga, Pertanian, Holtikultura, Pendidikan dan Kesehatan. 

Bupati mengingatkan supaya penyerapan anggarannya yang lebih signifikan. Karena itu bupati akan terus mengevaluasi secara rutin.

"Evaluasi ini akan rutin dilaksanakan setiap bulan," tandasnya.