Tunjuk Anwar Sadad Pimpin Gerindra Jatim,  Pengamat: DPP Ingin Dongkrak Suara Prabowo Di Pilpres 2024

Anwar Sadad menerima SK Ketua DPD Gerindra Jatim secara definitif./Ist
Anwar Sadad menerima SK Ketua DPD Gerindra Jatim secara definitif./Ist

Langkah Dewan Pimpinan Pusat (DPP) menunjuk Anwar Sadad  menjadi Ketua DPD Gerindra Jawa Timur dinilai untuk mendongkrak suara Prabowo Subianto di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.


Hal itu dikatakan oleh pengamat politik dari Surabaya Survey Center (SSC) Surokim Abdussalam pada Selasa (22/6).

"Jika pak Prabowo maju lagi sepertinya iya," katanya.

Dikatakan Surokim, keputusan mendefinitifkan Anwar Sadad menjadi ketua DPD Gerindra Jatim juga untuk mengkonsolidasikan suara nahdliyin di Pemilu 2024.

Anwar Sadad dianggap bisa mendekatkan Prabowo dengan pemilih nahdliyin, karena berlatar belakang pesantren dan dekat dengan tokoh NU.

"Politik memang selalu dinamis dan semua serba mungkin termasuk peluang Pak Prabowo di 2024. Bisa  bisa jadi bagian dari persiapan ke sana utk menyolidkan Jatim dan mendekat ke NU dan pemilih nahdliyin," tambah dekan Fisip Universitas Trunojoyo Madura itu.

Sekadar catatan, dalam dua kali Pilpres, Prabowo Subianto selalu kalah dengan pesaingnya di Jawa Timur. 

Menurut Surokim, kepercayaan DPP itu harus dijalankan dengan maksimal agar Gerindra bisa memenangi Pileg dan Pilpres 2024 di Jatim.

Meski demikian, menurut Surokim, kedua tugas itu bukan perkara mudah karena persaingan merebut suara warga nahdliyin di Jatim sangat ketat.

"Dengan kepercayaan itu saya pikir gus Sdad sudah punya modal dan legitimasi formil dan simbolik power untuk memimpin Gerindra Jatim. Berarti sudah tidak ada kendala lagi bagi gus Sadad untuk bisa langsung tancap gas kencang. Memaksimalkan semua bentuk optimalisasi sumber daya partai, mengingat kompetisi di 2024 jelas tidak akan mudah bagi Gerindra Jatim," pungkasnya.

Seperti diketahui, Dewan Pimpinan Pusat Partai Gerindra resmi menunjuk Anwar Sadad sebagai ketua DPD Gerindra Jawa Timur secara definitif.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad pada Selasa (22/6).

"Saat ini definitif sudah diserahkan kepada Anwar Sadad sebagai ketua DPD Gerindra Jatim, dengan sekretris Kharisma Febriansyah, bendahara  Muhammad Fawaid, OKK Halim (Abdul Halim)," katanya.

Dikatakan Dasco, setelah Anwar Sadad ditunjuk sebagai Ketua definitif, kader di internal partai harus solid melakukan konsolidasi untuk merebut kemenangan di pemilu 2024 mendatang.

"Diharapkan setelah SK turun Ini semua pertanyaan sudah dijawab dan kami harapkan semua kader agar tegak lurus satu komando. Segera melakukan konsolidasi internal sampai ke tingkat paling bawah," pungkasnya.

Sementara Anwar Sadat mengaku akan langsung melakukan konsolidasi dengan kader di Jatim.

"Kita konsolidasi, merapatkan barisan. Tentu bagi kader yang duduk sebagai legislatif, harus bekerja semaksimal mungkin untuk kemaslahatan rakyat, begitu juga eksekutif," ungkapnya.

Wakil Ketua DPRD Jatim ini menegaskan, target Gerindra pada Pileg 2024 di Jatim, yakni menang Pemilu.

"Target kita sudah jelas, menang Pileg 2024. Untuk di Jatim, Pemilu sebelumnya belum pernah menang, untuk 2024 jelas, Gerindra harus menang," pungkasnya.