Begini Kata DPMD, Soal Dugaan Adanya Pemotongan BPNT Oleh Aparat Desa

Kepala DPMD Pemkab Malang, Suwadji/ RMOLJatim
Kepala DPMD Pemkab Malang, Suwadji/ RMOLJatim

Soal dugaan adanya pemotongan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Desa Selorejo, Kecamatan Dau, karena adanya instruksi dan pengkondisian oleh Aparat Desa Desa agar mengumpulkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).


Bahkan warga diminta menulis PIN pada bagian putih KKS, seperti yang dilontarkan  Malang Coruption Watch (MCW) mendapat perhatian dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD).

Kepala DPMD Pemkab Malang, Suwadji mengungkapkan, berdasarkan hasil konfirmasi ke Kepala Desa (Kades) Selorejo, Kecamatan Dau, Bambang Soponyono, dugaan pemotongan paket sembako BPNT untuk KPM Selorejo tersebut bukanlah dari program BPNT, namun bantuan dari Pemerintah Desa langsung.

"Tugas kami memang melakukan pembinaan dan pengawasan. Terkait hal ini, saya sudah konfirmasi ke Kadesnya. Katanya dari BPNT tidak ada pemotongan, kalau BPNT itu masih sesuai pagu. Sedangkan yang dimaksud pada rilis MCW itu adalah bantuan dari Pemdes sendiri. Jadi konfirmasi dan klarifikasi dulu gitu seharusnya," ucapnya, Rabu (23/6).

Suwadji juga mengatakan, mengenai soal ini DPMD akan terus melakukan monitoring.

"Kalau kami melakukan pendampingan pada aspek regulasi dan pembinaannya. Sebenarnya monitoring terdepan kan bisa di lakukan Kecamatan, karena Kecamatan merupakan kepanjang tanganan dari Bupati. Sedangkan tingkat Desa ada BPD," pungkasnya.

Dalam pemberitaan sebelumnya, MCW merilis adanya dugaan pemotongan pemotongan volume bantuan dari program BPNT untuk 60 Keluarga Penerima Manfaat (PKM), lantaran adanya instruksi dan pengkondisian oleh Aparat Desa Desa agar mengumpulkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Bahkan warga diminta menulis PIN pada bagian putih KKS.

BPNT tersebut seharusnya yang diterima KPM adalah 15 kilogram beras, satu kilogram telor, dan ½ kilogram kacang hijau.

Namun yang diterima KPM adalah beras 10 kilogram beras, ½ kilogram telor, dan ¼ kilogram kacang hijau.