Sesuai Intruksi, Forpimda Tuban Bakal Tangani Pandemi Secara Mikro

Forpimda Tuban
Forpimda Tuban

Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky didampingi Kapolres Tuban, AKBP Darman, S.I.K., dan Dandim 0811/Tuban, Letkol Inf Viliala Romadhon mengikuti rapat koordinasi secara daring bersama Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta, Selasa malam (22/6)


Bertempat di Mapolres Tuban, giat tersebut diikuti Wakapolres Tuban, Kompol Priyanto, pimpinan OPD terkait, Kepala Rumah Sakit se-Kabupaten Tuban, dan jajaran personil Polres Tuban.

Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta melakukan evaluasi dalam penanganan Covid -19 dan penerapan zonasi Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM)  Mikro di Jawa Timur.

Penanggulangan Covid-19 hendaknya melibatkan semua elemen masyarakat, mulai dari Bupati/Walikota beserta jajarannya hingga tokoh agama dan masyarakat setempat. 

Sinergitas tersebut guna mendukung upaya edukasi kepada masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan dan mematuhi arahan dari pemerintah.

Menindaklanjuti pernyataan Kapolda Jatim, Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky,  mengungkapkan Pemkab Tuban mendukung penuh upaya penanggulangan pandemi Covid-19 di Jawa Timur. 

Hal tersebut selaras dengan arahan Presiden RI dan Gubernur Jatim agar melaksanakan upaya percepatan vaksinasi dan memperketat PPKM. Di samping itu, perlu peningkatan disiplin protokol kesehatan. 

"Penanganan Covid-19 tetap dijalankan bersamaan dengan upaya pemulihan ekonomi masyarakat," terangnya. dikutip Kantor Berita RMOL Jatim.

Lebih lanjut, Pemkab Tuban akan memaksimalkan upaya Testing, Tracing, dan Treatment. Tidak hanya itu, pada tahun 2022 Pemkab Tuban akan mengalokasikan anggaran untuk penanganan Covid-19 bersamaan dengan pemulihan ekonomi masyarakat. 

Sejumlah fasilitas pendukung seperti mobil coolbox, ruang isolasi, vaksin, dan ketersediaan kamar perawatan harus termuat.

Bupati Tuban Halindra mengajak masyarakat Kabupaten Tuban agar tetap waspada dan saling mengingatkan untuk selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan di lingkungan masing-masing.

 “Disiplin menerapkan protokol kesehatan masyarakat menjadi kunci keberhasilan penanggulangan Covid-19 sehingga kita dapat segera pulih dan bangkit kembali,” serunya.

Sementara itu, Kapolres Tuban, AKBP Darman, S.I.K., mengatakan personil Polres Tuban akan bersinergi dengan Pemkab Tuban, TNI, dan stakeholder lain terkait pelaksanaan tentang strategi dalam penanganan covid-19. Salah satunya melaksanakan kegiatan Vaksinasi Covid-19 di Faskes tingkat 1 Klinik Polres Tuban.

Pihaknya juga akan memperketat PPKM Mikro serta memaksimalkan keberadaan Kampung Tangguh dan Posko PPKM guna meminimalisir penyebaran Covid-19. “Pada wilayah yang penyebaran Covid-19 terus meningkat, personil Polres Tuban diinstruksikan untuk melakukan tindakan yang dapat memutus penyebaran virus,” tegasnya.