Upaya Bank Mandiri Dongkrak UMKM

Beberapa UMKM yang memamerkan produknya di banking hall/Ist
Beberapa UMKM yang memamerkan produknya di banking hall/Ist

Bank Mandiri Area Surabaya Gentengkali membuka kesempatan bagi UMKM di sekitar lokasi untuk memamerkan produknya di banking hall. ini merupakan salah satu upaya bank plat merah mendongkrak roda perekonomian UMKM.


"Tiga hal yang sangat dibutuhkan oleh pengusaha kecil, khususnya UMKM di kondisi pandemi seperti sekarang ini, di antaranya intensitas pertemuan dengan pembeli, data pelanggan, dan channel pembayaran yang mudah," kata  Area Head Bank Mandiri Surabaya Gentengkali, Evi Martiani, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Rabu (23/6).

Selain itu, di kondisi pandemi saat ini pengusaha kecil dibatasi oleh aturan protokol kesehatan serta waktu yang singkat dimana mereka bisa menjajakan produknya kepada calon pembeli.

Dengan adanya wadah yang disediakan oleh Bank Mandiri Area Surabaya Gentengkali, diharapkan UMKM tersebut bisa mendapatkan data pelanggan yang cukup serta waktu penjajakan produk yang efektif guna mendukung eksistensi usahanya.

Bank Mandiri Area Surabaya Gentengkali memberikan kemudahan sarana bertransaksi yang juga mampu mencegah penularan virus Covid-19 melalui channel pembayaran non tunai, QRIS.

UMKM yang memamerkan produknya di banking hall Bank Mandiri Area Surabaya Gentengkali diwajibkan untuk bertransaksi secara non tunai dengan menggunakan QRIS, yaitu barcode yang bisa discan oleh pembeli.

Diharapkan seluruh pembeli dapat membeli produk UMKM yang dipamerkan tanpa perlu bertukar uang tunai dan bersentuhan langsung antara penjual dan pembeli, cukup dengan melakukan scan barcode yang telah terpasang di masing-masing tenant UMKM.

Dengan adanya metode transaksi non tunai menggunakan QRIS ini diharapkan dapat mengedukasi UMKM dan masyarakat pada umumnya, bahwa di era digital ini Bank Mandiri hadir dengan memberikan kemudahan, kenyaman dan keamanan bertransaksi secara real time yang tetap menerapkan protokol kesehatan di tengah kondisi pandemi ini.

Selain itu, dengan adanya channel pembayaran melalui QRIS, pengusaha UMKM juga akan mendapatkan data pelanggan yang telah membeli produknya. Database yang didapatkan tersebut dapat digunakan sebagai sarana promosi yang akhirnya dapat meningkatkan penjualan pengusaha UMKM.

Bank Mandiri Region VIII/Jawa 3 Area Gentengkali memiliki 35 cabang yang tersebar di beberapa Kecamatan di wilayah Surabaya dan Sidoarjo.