XL Axiata Perluas Jaringan di Sulut

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus berkomitmen untuk mendukung pemerintah dalam melakukan pemerataan penyediaan jangkauan jaringan pita lebar ke seluruh Indonesia. Salah satu yang menjadi perhatian XL Axiata adalah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang memiliki potensi besar ekonomi, termasuk pariwisata. Untuk itu, XL Axiata terus melakukan perluasan jaringan data berkualitas agar bisa memfasilitasi kebutuhan digitalisasi masyarakat setempat.


"XL Axiata sangat serius untuk terus meningkatkan layanan telekomunikasi dan data di wilayah Sulawesi Utara ini. Hasil dari perluasan jaringan yang kami laksanakan, saat ini layanan XL Axiata di Sulawesi Utara sudah di jangkau 100% dengan jaringan 4G, total 97 kecamatan, dan 776 desa. Dalam beberapa tahun terakhir ini, perusahaan juga terus melakukan perluasan ke area-area yang belum terjangkau layanan seluler, khusus di wilayah ini XL Axiata telah menambah sekitar 161 BTS 4G," kata Group Head East Region XL Axiata, Dodik Ariyanto, melalui keterangan tertulis yang diterima Kantor Berita RMOLJatim, Kamis (24/6)

Dodik Ariyanto menambahkan, di Sulawesi Utara saat ini XL Axiata memiliki lebih dari 1.000 BTS yang tersebar di empat kota dan tujuh kabupaten yang melayani total lebih dari 150 ribuan pelanggan. Seluruh area di Sulawesi Utara telah terlayani jaringan BTS 4G. Pelanggan terbanyak ada di Kota Manado, lebih dari 63 ribu pelanggan, menyusul Kabupaten Minahasa sekitar 30 ribuan pelanggan, dan Minahasa Utara sekitar 22 ribuan pelanggan. Perluasan ini akan terus dilakukan agar layanan bisa lebih merata menjangkau area-area dengan potensi ekonomi besar, termasuk sejumlah area destinasi wisata dan kawasan industri.

Dalam dua tahun terakhir, trafik layanan data XL Axiata terus meningkat sekitar 183 %.  Trafik ini berpotensi untuk terus meningkat mengingat masyarakat Sulawesi Utara pada umumnya juga semakin bergantung dengan berbagai layanan digital untuk mendukung produktivitas dan mendapatkan akses ke layanan hiburan. Belum lagi, anak-anak sekolah dan mahasiswa juga musti mengikuti pembelajaran jarak jauh. Untuk itu, XL Axiata juga gencar melaksanakan program fiberisasi jaringan data di provinsi ini. Sampai saat ini, fiberisasi sudah mencapai sekitar 22% dari BTS yang ada di wilayah tersebut.

“Jika jalan tol yang saat ini dibangun dari Danowudu ke Bitung sudah selesai dan dioperasikan, maka aktivitas ekonomi akan semakin meningkat,. Berbagai sektor ekonomi akan tumbuh karena mobilitas dari Manado sampai Bitung sebagai dua pusat ekonomi, menjadi lebih lancar. Khusus di Kawasan Ekonomi Khusus Bitung dan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Manado-Bitung-Likupang, XL Axiata telah mengoperasikan sekitar 58 BTS 3G/4G,” demikian Dodik.