Vaksinisasi Massal, Ribuan Warga Jember Serbu 91 Fasyankes

suasana vaksinisasi di salah satu fasyankes/RMOLJatim
suasana vaksinisasi di salah satu fasyankes/RMOLJatim

Ribuan warga Jember menyerbu 91 fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) dan 4 gerai vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Jember.


Mereka mendatangi Fasyankes untuk vaksinasi Covid-19 serentak di seluruh rumah sakit, puskesmas dan tempat layanan kesehatan lainnya, Sabtu (26/6). 

"Ini kegiatan serbu vaksin, untuk memperingati HUT Bhayangkara ke 75. Kami melibatkan 91 fasyankes dan tambahan 4 gerai vaksin Covid-19, seperti Lippo Plaza, Polsek Jombang Jember , Polsek umbulsari dan kodim Jember," kata Plt.Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jember, dr. Wiwik Supratiwi, dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Wiwik menjelaskan, dalam momentum peringatan hari Bhayangkara ke 75 ini, dia  menargetkan setiap fasyankes bisa melakukan vaksinasi minimal  antara 50 - 100 warga Jember. Sedangkan sasaran adalah warga yang berusia 18 tahun ke atas. Vaksin disediakan Polres Jember, didroping melalui instalasi farmasi kesehatan (IFK) kabupaten Jember.

Wiwik juga menambahkan, vaksin hari ini untuk melanjutkan program vaksinasi tahap 2 pada Jum'at (25/6) yang mencapai 121.855 orang atau sekitar  52,96 persen, dari jumlah target sebanyak 232.870 orang.

"Untuk saat ini, sasaran vaksinasi adalah kelompok pra lansia dan lansia," katanya.

Meski sudah divaksin, dr Wiwik perlu menyampaikan kepada masyarakat,  bahwa  vaksinasi ini, bisa melindungi imunitas kurang lebih 65% saja. Sisanya 35 % adalah menaati dan melaksanakan Prokes 5 M ( Memakai Masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas, jika tidak penting).

Pantauan Kantor Berita RMOLJatim, warga sangat antusias mengikuti vaksinasi tersebut, rata-rata sejumlah puskesmas dan Fasyankes lainnya sudah mencapai target, ada 100 hingga 180 orang. Bahkan ada warga yang diminta kembali lagi di jadwal berikutnya, karena Quota hari ini sudah terpenuhi.

"Hari ini sudah cukup mas, sudah 180 orang, kembali besok ya," kata salah seorang petugas vaksinasi Bhayangkari yang enggan disebut namanya, kepada dua pria yang baru datang.