Palang Merah: Indonesia Di Ambang Malapetaka Akibat Covid-19

IFRC memperingatkan bahwa lonjakan kasus infeksi virus corona, terutama varian Delta, yang semakin marak terjadi membawa Indonesia ke ambang malapetaka/Net
IFRC memperingatkan bahwa lonjakan kasus infeksi virus corona, terutama varian Delta, yang semakin marak terjadi membawa Indonesia ke ambang malapetaka/Net

Lonjakan kasus infeksi virus corona, terutama varian Delta, yang semakin marak terjadi membawa Indonesia ke ambang malapetaka. Begitu peringatan yang disampaikan oleh Federasi Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (IFRC) awal pekan ini (Selasa, 29/6).


Dalam sebuah pernyataan, IFRC memperingatkan bahwa saat ini ada kebutuhan mendesak untuk peningkatan perawatan medis, pengujian dan vaksinasi di Indonesia.

"Setiap hari kami melihat varian Delta ini membawa Indonesia lebih dekat ke tepi bencana COVID-19, ”kata Kepala IFRC di Indonesia Jan Gelfand dalam sebuah pernyataan.

“Kami membutuhkan tindakan secepat kilat secara global sehingga negara-negara seperti Indonesia memiliki akses ke vaksin yang diperlukan untuk mencegah puluhan ribu kematian. Kita harus fokus untuk mendapatkan vaksinasi ke tangan mereka yang paling berisiko dan semua orang dewasa di mana pun untuk mengandung virus ini," sambungnya, seperti dikabarkan Reuters.

IFRC juga mencatat bahwa Indonesia menghadapi ketidakadilan vaksin global dalam memperoleh 360 juta dosis yang dibutuhkan untuk memvaksinasi setidaknya 70 persen warganya. Ini merupakan ambang batas ideal yang ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk mencapai kekebalan kawanan atau herd immunity.