Dinsos Kediri Berikan Bantuan Sembako Bagi Warga Yang Isolasi Mandiri

Petugas Dinsos Kota Kediri Beri Bantuan
Petugas Dinsos Kota Kediri Beri Bantuan

Beberapa hari belakangan terjadi penambahan kasus Covid-19 di Kota Kediri. Sejumlah warga yang terkonfirmasi positif dan tanpa gejala diminta untuk melakukan isolasi mandiri dirumah selama 14 hari, sesuai arahan Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar dan gugus tugas penanganan Covid-19 di Kota Kediri.

Maksimalkan isolasi warga tersebut, Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Sosial kembali menyalurkan bantuan paket sembako isolasi mandiri kepada sejumlah warga yang melaksanakan isolasi.

"Rabu (30/6) kami kembali menyalurkan bantuan paket sembako plus kepada sejumlah warga yang tengah melakukan isolasi di beberapa kelurahan," ungkap Triyono Kutut Purwanto, Kepala Dinas Sosial Kota Kediri, Kepada Kantor Berita RMOL Jatim, Rabu, (30/6).

Dijelaskan oleh Kutut, alasan disebut sebagai bantuan paket sembako plus sebab selain paket bahan makanan seperti 20 kg beras, 3 kg telur (5 pax), 4 liter minyak goreng, 4 kaleng sarden dan kecap 2 botol juga disertakan 2 box masker disetiap paketnya.

Adapun bantuan yang diberikan kepada warga yang sedang melakukan isolasi mandiri berjumlah 60 paket yang tersebar di 22 kelurahan di Kota Kediri. Seperti yang dikatakan oleh Wiwik Trisnowati, Kepala bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial, Dinas Sosial Kota Kediri.

"60 paket sembako tersebut dibagikan meliputi Kelurahan Dandangan (4 paket), Kemasan (2 paket), Ngronggo (2 paket), Semampir (3 paket), Pocanan (2 paket), Rejomulyo (4 paket), Ringinanom (1 paket), Ketami (7 paket), Betet (2 paket), Burengan (3 paket), Banaran (1 Paket), Pesantren (1 paket), Jamsaren (1 paket), Bujel (1 paket), Campurejo (2 paket), Gayam (2 paket), Mrican (1 Paket), Mojoroto (8 paket), Sukorame (4 paket), Dermo (1 paket), Bandar Lor (1 paket), dan Lirboyo (7 paket)," terang Wiwik, Rabu, (30/6).

Wiwik menyampaikan selanjutnya bantuan tersebut diserahkan ke pihak kelurahan masing-masing untuk kemudian diberikan kepada yang bersangkutan. 

"Secara teknis pembagian akan dilakukan oleh Kelurahan masing-masing dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan, biasanya bantuan diletakkan didepan rumah, kemudian yang bersangkutan mengambil paketnya tersebut," jelas Wiwik.

Sementara itu, Kutut berharap semoga dengan paket sembako plus yang dibagikan ini dapat memaksimalkan jalannya isolasi mandiri yang dilakukan oleh warga ya g terkonfirmasi positif tersebut. 

"Semoga dengan ini upaya isolasi bisa maksimal dan dapat segera terkonfirmasi negatif," harap Kutut.

Meski demikian, Kutut juga mengatakan bahwa selain membagikan bantuan, pihaknya juga aktif mengedukasi masyarakat supaya tetap mematuhi protokol kesehatan 5M dan mengikuti vaksinasi, demi menekan angka kasus Covid-19 di Kota Kediri.