Agar Penderita Covid-19 Kian Menurun, Bupati Gresik Ajak Penyitas Melakukan Donor Darah Plasma Konvalesen

Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani saat  Melakukan Donor Darah Plasma Konvalesen/Ist
Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani saat Melakukan Donor Darah Plasma Konvalesen/Ist

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani langsung berinisiatif untuk donor darah plasma konvalesen, seiring dengan meningkatnya jumlah kasus Covid-19 di Jawa Timur. Dengan mendatangi Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) setempat. 


Kedatangan Gus Yani sapaan akrab Bupati Gresik, untuk donor darah plasma konvalesen langsung disambut baik oleh Ketua PMI Gresik M. Nadjib didampingi pimpinan UTD PMI, dr. Jufrita dan Bendahara PMI Yety Sri Suparyati.

Menurut Gus Yani, apa yang dilakukannya sesuai yang disampaikan Ketua PMI Pusat Yusuf Kalla. Bahwa 90 persen penggunaan darah dari para penyintas Covid-19 atau plasma konvalesen, efektif menyembuhkan pasien terinfeksi virus corona.

"Saya merupakan seorang penyintas, karena pernah terpapar Covid-19 pada akhir 2020 lalu. Karena itulah saya merasa terpanggil, untuk melakukan donor plasma konvalesen," ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Selasa (6/7).

“Kami berharap, bagi para penyintas Covid-19 Gresik yang telah sembuh dapat menyumbangkan plasmanya kepada orang yang tengah sakit Covid-19 agar pandemi ini tidak berlarut-larut dan segera berakhir," tuturnya.

Hal ini, lanjut Gus Yani, akan disampaikannya pada setiap kegiatan rapat agar semakin banyak pasien covid-19 yang bisa tertolong dan sembuh.

"Dalam setiap kegiatan rapat dimanapun, saya akan selalu sampaikan pentingnya donor plasma konvalesen ini," imbaunya.

Sementara Ketua PMI Gresik M. Nadjib kepada Kepala Bagian Humas dan Protokol Reza Pahlevi mengatakan, bahwa keberadaan PMI Gresik ini banyak melayani kebutuhan dari dari berbagai tempat di Indonesia.

“Terutama saat adanya peningkatan kasus covid-19, PMI Gresik seakan menjadi jujugan beberapa Rumah Sakit di Jawa Timur maupun luar Jawa Timur. Bahkan kami beberapa kali mengirim darah atau darah plasma konvalesen melalui kargo ke luar Jawa," tutur Najib.

"Beberapa kota yang sering kami suplai secara intens yaitu akhir-akhir ini yaitu Bangkalan,Kudus, Demak dan beberapa kota lain di sekitar Gresik juga banyak dan sering," pungkasnya.